Ulasan Garmin Vivoactive 3: Pendukung Olahraga

Ulasan Garmin Vivoactive 3: Pendukung Olahraga

Vivoactive 3 bisa dibilang merupakan smartwatch dari garmin yang paling mudah digunakan. Smartwatch ini berada di posisi antara Vivomove HR dan Fenix 5; dan Vivoactive 3 dilengkapi dengan akses layar sentuh dan sisi bezel yang sensitif sentuhan (Garmin menyebutnya dengan nama Side Swipe). Berjalan di atas sistem operasi milik Garmin sendiri, Vivoactive 3 mendukung ponsel berbasis Android dan iOS untuk menampilkan notifikasi dan melakukan sinkronisasi.

Koneksi antara Vivoactive 3 dan ponsel dapat dilakukan melalui teknologi Bluetooth dan aplikasi Garmin Connect yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Aplikasi tersebut menampilkan status smartwatch dan aktivitas Anda secara menyeluruh. Antarmuka yang ditampilkan juga mudah dimengerti dan setelah pengaturan pertama kali selesai, Vivoactive 3 dan ponsel akan terhubung secara otomatis setiap Anda mengaktifkan Bluetooth.

Kami merasa Vivoactive 3 sangat nyaman dikenakan. Terasa cukup tipis dan ringan dan tidak terlalu besar. seperti kebanyakan smartwatch saat ini, strap-nya dapat diganti dengan sangat mudah. Bingkai bundar milik Vivoactive 3 lebih terlihat seperti arloji reguler ketimbang sebuah perangkat wearable, dan layarnya yang selalu aktif (always-on display) memungkinkan Anda melihat waktu dalam sekejap tanpa harus mengaktifkannya.

Garmin mengklaim bahwa baterai Vivoactive 3 tahan hingga 7 hari dalam mode waktu, 13 jam dalam mode GPS. Pada pengujian baterai di hari keenam, baterai Vivoactive 3 yang kami uji menyisakan daya 18 persen, setelah menggunakan mode Workout non-GPS setiap hari. Dengan demikian, bisa saja baterai Vivoactive bertahan 7 hari hanya untuk menampilkan waktu.

Vivoactive 3 hadir dengan mengusung 15 mode Workout demi kemudahan berolahraga, bahkan smartwatch ini hadir dengan mode Yoga, yang mana tidak ada di Garmin Fenix 5. Dalam hal sensor pemantau detak jantung, kami merasa Vivoactive 3 cukup akurat.

Performa GPS Vivoactive 3 dapat kami bilang bagus. GPS dengan cepat terhubung dengan satelit (tidak sampai satu menit) jika keadaan cuaca cerah. Namun kami harus menunggu sekitar dua menit agar smartwatch tersebut terhubung dengan satelit GPS ketika cuaca mendung. Salah satu keunggulan Vivoactive 3 yang sangat kami suka adalah performa layarnya. Memanfaatkan transflective memory in pixel, konten pada layar smartwatch ini terlihat sangat jelas meski di bawah penyinaran matahari sangat terik.

Garmin Vivoactive 3 sangat menyenangkan digunakan sepanjang hari berkat profilnya yang tipis dan bentuknya yang simpel. Bisa kami katakan ia dapat digunakan sebagai arloji Anda sehari-hari berkat dukungan baterainya yang tahan lama. Sebagai smartwatch, Vivoactive 3 sangat baik dalam memantau detak jantung dan kegiatan sehari-hari.