Ulasan Monitor BenQ EW2775ZH: Nyaman di Mata

Nyaman di Mata

Memiliki bentang layar 27 inci, EW2775ZH adalah monitor baru keluaran Benq yang didesain untuk kenyamanan mata. Dengan demikian, monitor ini dilengkapi dengan aneka taburan fitur yang akan membantu mengurangi mata lelah akibat terlalu lama menatap konten pada monitor.

Tidak berbeda dengan kebanyakan monitor, Benq EW2775ZH memiliki rasio aspek 16:9 dengan bezel relatif ramping namun berukuran lebih besar pada bezel bawah. Aksen alumunium brush pun ada pada bodi dan peyangga EW2775ZH sehingga desain monitor tersebut jauh dari kesan kaku.

Menyinggung soal penyangga, monitor yang memiliki dimensi 460,6 x 613,8 x 180,9‎ mm tersebut memiliki dua segmen penopang: leher penyangga dan alas. Sambungan antara alas dengan leher penyangga tidak memerlukan alat khusus untuk mengencangkan sekrupnya. Namun, Anda wajib menggunakan obeng untuk mengencangkan sekrup penyambung antara monitor dan leher penyangga

Dari segi teknis, integrasi fitur Brightness Intelligence Technology mampu mengoptimalkan performa tampilan video dan film pada monitor Benq EW2775ZH. Untuk mengaktifkan funsi tersebut, Anda cukup mengakses tombol B.I. Tech yang terdapat di pojok kanan bawah monitor. Berkat Ambient Light Sensor yang terdapat di bawah logo Benq, monitor EW2775ZH mampu mendeteksi banyaknya cahaya ruangan kemudian mengatur kecerahan yang paling tepat pada panel.

Berbicara tentang kenyamanan mata, tentu saja tidak lepas dari fitur Low Blue Light yang mengurangi paparan cahaya biru untuk penggunaan monitor yang lebih aman. Pada Benq EW2775EZ, fitur tersebut memiliki peningkatan sehingga diberi nama Low Blue Light Plus yang menawarkan empat model skenario (Standard, Entertainment, Office, Dark Room). Dengan demikian, Anda lebih leluasa memilih mode untuk keperluan setiap konten. Ketika mengaktifkannya, fitur tersebut memang dapat membantu mengurangi mata lelah ketika memandang monitor terlalu lama. Dan yang terpenting adalah performa warna tidak terpengaruh oleh fitur Low Blue Light Plus ketika kami menonton video di website YouTube.

Kami menguji performa Benq EW2775EZ dengan memutar film Cars 3. Dalam hal warna, monitor dengan resolusi Full HD tersebut menampilkan warna cerah serta tidak terjadi degradasi meski dilihat dari sudut pandang lebar. Sayangnya, kami melihat sedikit gangguan blur ketika film tersebut menampilkan adegan cepat. Namun momok tersebut tidak terlalu menganggu pengalaman menonton secara keseluruhan ditambah dengan performa tingkat kehitaman yang tidak mengorbankan detil.

Benq EW2775EZ bisa dikatakan sukses sebagai monitor ramah mata mengingat fitur yang ditawarkan seperti Brightness Intelligence Technology yang dapat langsung diakses via tombol khusus; serta Low Blue Light Plus yang tidak mengurangi performa warna keseluruhan.