Ulasan Proyektor BenQ W1210ST: Bermain Lebih Puas

Bermain Lebih Puas

Bagi Anda penggemar game, tentu saja menikmati pengalaman bermain di layar super besar akan menjadi kepuasan tersendiri. Cara termudah untuk melakukan hal tersebut adalah menggunakan proyektor yang secara umum mampu menampilkan konten layar lebih besar dibandingkan televisi. Namun, mengingat konten dalam game sering menampilkan adegan cepat, proyektor tersebut wajib memiliki refresh rate tinggi.

Dengan demikian, Benq menghadirkan proyektor W1210ST yang memiliki waktu respon sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan paling krusial pada gamer. Aksara ‘ST’ pada akhir nama proyektor tersebut adalah singkatan dari ‘Short Throw’. Artinya, proyektor dengan kecerahan 2.200 lumen ini tidak perlu ruangan besar untuk memproyeksikan gambar besar. Ketika kami meletakkan Benq W1210ST dalam radius jarak 2 meter dari layar, proyektor ini mampu menampilkan konten sekitar 130 inci.

Dari bentuk fisik, Benq W1210ST memiliki cincin fokus dan cincin zoom dengan posisi berdekatan. Untuk menghindari akses tidak sengaja, kedua cincin tersebut dilindungi oleh penutup dengan mekanisme geser; berbeda dengan pelindung lensa yang hanya menggunakan penutup konvensional. Tidak ketinggalan pula remote control dengan tombol yang dapat menyala untuk kemudahan akses di kondisi gelap.

Ketika memainkan game FIFA 17 menggunakan konsol PlayStation 4, proyektor berbasis teknologi Digital Light Processing (DLP) tersebut menampilkan reproduksi andal sehingga warna rumput terlihat alami serta detil tajam pada penonton di tribun. Memiliki predikat sebagai proyektor gaming pertama di dunia dengan input lag rendah 16,67 ms, W1210ST menampilkan gerakan mulus tanpa gangguan blur yang dapat dibuktikan dengan gerakan bola bergerak sangat cepat ketika ditendang pemain.

Game selanjutnya yang kami mainkan untuk menguji W1210ST adalah Batman: Arkham Knight. Dengan resolusi Full HD, kami melihat detil jelas di antara runtuhan gedung dalam gameplay. Kepekatan warna hitam juga patut diacungi jempol lantaran kondisi malam di kota Gotham terlihat alami tanpa mengorbankan detil. Kami tidak menggunakan speaker eksternal selama bermain game, karena proyektor ini sudah terintegrasi sepasang speaker. Performa speaker pada W1210ST memang terdengar lantang, tetapi secara keseluruhan detil suara yang dilantunkan terlalu didominasi oleh frekuensi menengah.

Sebagai proyektor gaming, Benq W1210ST menunjukkan performa mengagumkan dalam menampilkan ketajaman detil gambar serta waktu respon cepat untuk memberikan pengalaman sempurna selama bermain game.