Ulasan Proyektor BenQ W1700: Aneka Fitur Pendukung Visual

Ulasan Proyektor BenQ W1700: Aneka Fitur Pendukung Visual

Hadir sebagai proyektor home theater, Benq W1700 dilengkapi dengan proyeksi beresolusi 4K UHD dan dukungan HDR (High Dynamic Range). Proyektor yang berbasis teknologi DLP ini diperkuat oleh chip Texas Instrument DLP DMD 0,47 inci. Untuk mengkreasi 8,3 juta piksel, BenQ W1700 menggunakan metode teknologi fast pixel switching.

Benq W1700 tersematkan dukungan format HDR10 yang mana format HDR tersebut telah tersedia banyak di judul film saat ini. Sebagai proyektor DLP, W1700 memiliki 6 segmen color wheel (RGBRGB) yang bergerak sangat cepat sehingga meminimalisir gangguan rainbow effect.

Berukuran 353 x 135 x 272 mm, Benq W1700 memiliki dimensi tidak terlalu bongsor untuk ukuran proyektor home theater. Dari segi desain, W1700 dibuat minim lekukan yang menjadikannya lebih mudah dibersihkan terhadap debu. Aneka tombol kontrol dirancang sedemikian rupa di bagian atas proyektor sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat mengakses kontrol proyektor menggunakan remote control yang memiliki lampu demi kemudahan akses dalam ruangan gelap.

Di bagian dekat lensa, Anda akan melihat dua slider untuk mengatur zoom dan fokus. Kedua slider tersebut dibuat agak menjorok ke dalam untuk menghindari akses yang tidak disenggaja. Namun, ketimbang menggunakan penutup lensa dengan sistem geser, Benq W1700 hanya menggunakan penutup bersistem lepas/pasang manual.

Antarmuka belakang dilengkapi aneka port termasuk 2 HDMI, D-Sub, USB (tipe A dan tipe Mini-B), jack audio (In dan Out), dan DB-9 pin. Port HDMI 1 mendukung HDCP 2.2, oleh karena itu Anda harus menghubungkan konten sumber 4K ke port HDMI 1 untuk menikmati proyeksi 4K.

Ketika mengujinya, kami menonton film Life of Pi. Film tersebut mengusung resolusi 4K serta HDR. Detil yang dihasilkan W1700 memang benar-benar tajam yang dibuktikan oleh ketika proyektor ini menampilkan setiap helai bulu harimau yang halus dan jelas. Performa HDR terlihat bagus ketika adegan malam hari dengan bintang-bintang terlihat jelas. Warna hitam juga terlihat sangat baik dengan tetap menjaga detil. Dalam hal warna, kami lebih menyukai ketika proyektor diatur ke mode gambar Movie ketimbang Vivid lantaran menampilkan warna lebih alami terutama pada kulit manusia. Dari sisi suara, audio yang terintegrasi pada Benq W1700 terdengar lantang namun bisa dibilang tidak terlalu istimewa karena suara pada speaker lebih dominan ke frekuensi menengah.

Dengan harga 27,8 juta rupiah, proyektor Benq W1700 merupakan proyektor home theater yang cukup terjangkau dengan aneka fitur seperti 4K UHD dan HDR. Ditambah dengan performa yang mumpuni, proyektor ini cocok untuk Anda yang menuntut tampilan visual memuaskan.