Ulasan Samsung Galaxy C9 Pro: Performa Hiburan Lancar

Performa Hiburan Lancar

Salah satu sisi teknis yang menonjol pada Samsung Galaxy C9 Pro adalah bahwa smartphone tersebut hadir dengan RAM lega berkapasitas 6 GB. Dengan demikian, smartphone anyar dari Samsung ini menjanjikan performa hiburan dan multitasking yang sangat menjanjikan. Selain itu, tersemat pula prosesor Qualcomm Snapdragon 653 octa core 64 bit.

Kami menyukai desain Galaxy C 9 Pro dengan material logam di bagian belakang; dengan pinggiran sisi melengkung sehingga smartphone yang berlayar 6 inci tersebut sangat nyaman di genggaman tangan kami. Lantaran menggunakan bahan logam, tentu saja bodi Galaxy C9 Pro sangat ampuh menolak noda sidik jari dibandingkan dengan bodi berbahan kaca seperti beberapa smartphone yang beredar. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa bodi Galaxy C9 Pro terasa agak licin sehingga Anda harus menggenggamnya agak erat.

 Hanya berketebalan 6,9 mm, berarti Galaxy C9 Pro memiliki tubuh lebih ramping 1,0 mm dibandingkan dengan Galaxy A7 (2017) yang belum lama ini kami ulas. Namun dengan kerampingannya tersebut, modul kamera belakang Galaxy C9 Pro menjadi agak menonjol; yang mengharuskan Anda lebih hati-hati jika meletakkan smartphone agar modul kamera tidak kena dampak benturan.

Berbicara kamera, Galaxy C9 Pro dilengkapi dengan sensor gambar beresolusi 16 megapiksel serta sistem PDAF (Phase Detection Autofocus) pada bagian belakang. Menilik performa, kamera dengan aperture f/1.9 tersebut mampu menampilkan hasil fotografi bagus dengan minim gangguan noise hampir di segala kondisi cahaya. Namun karena tidak dilengkapi OIS, kami sarankan untuk memegang smartphone dengan stabil ketika sedang memotret dalam keadaan cahaya minim untuk mengurangi gangguan blur. Untuk kamera depan, Galaxy C9 Pro dilengkapi pula dengan sensor beresolusi 16 megapiksel serta fitur Wide Selfie supaya Anda dapat melakukan aksi selfie bersama lebih banyak orang.

Ketika kami menjalankan aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone yang berjalan di atas sistem operasi Android 6.0 Marshmallow tersebut berhasil mengumpulkan skor 79792. Angka tersebut terbilang cukup tinggi sehingga kami dapat memainkan game dengan penuh grafik bergerak cepat seperti Asphalt 8: Airborne dengan sangat lancar. Performa audio ketika memainkan game tersebut juga dapat diapresiasi lantaran dilengkapi dengan efek suara stereo.

Kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh pada Galaxy C9 Pro sangat memanjakan Anda dengan ketahanan hingga 22 jam dalam sekali isi ulang. Daya tahan tersebut sudah termasuk memainkan game, streaming video menggunakan aplikasi YouTube, aplikasi sosial media dan lain-lain. Aksi multitasking dengan sangat banyak aplikasi pun mampu dilakukan dengan sangat mulus tanpa gangguan lag.

Berbekal layar Super AMOLED 6 inci, tentu saja Galaxy C9 Pro sangat cocok untuk menonton film dan bermain game. Namun untuk pernggunaan sehari-hari, sepertinya smartphone tersebut hanya cocok untuk Anda yang memiliki telapak tangan agak besar.