Ulasan Samsung Galaxy Note FE

Ulasan Samsung Galaxy Note FE

Galaxy Note FE (Fan Edition) sebenarnya adalah smartphone rekondisi dari Galaxy Note7. Terdapat sejumlah pembaruan pada smartphone tersebut, di antaranya adalah Note FE memiliki kapasitas baterai 3.200 mAh sedangkan Galaxy Note7 mengusung kapasitas baterai sebesar 3.500 mAh. Jika pada bagian dahi Note7 terdapat logo Samsung, kini Note FE menghilangkan logo tersebut dan Anda akan melihat logo Galaxy FE di bagian belakang bodi.

Layar Super AMOLED berukuran 5,7 inci pada Galaxy Note FE dibuat melengkung di kedua sisinya yang menjadikan smartphone ini terlihat lebih kecil dibandingkan dengan smartphone lain dengan ukuran yang sama. Layar yang memiliki resolusi 1.440 x 2.560 piksel tersebut berperforma sangat baik di luar ruangan dengan menampilkan konten tajam minim pantulan cahaya.

Di bawah layar, ada tombol Home yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Performa sensor tersebut sangat cepat dan akurat. Satu lagi keamanan biometrik yang ada pada Galaxy FE adalah pemindai iris. Menurut kami, melakukan registrasi pada sensor iris lebih mudah dilakukan ketimbang sensor sidik jari.

Anda akan menemukan port pengisian daya USB Type-C di tepi bawah Galaxy FE. Di dalam paket penjualan, terdapat adaptor micro-USB ke USB Type-C agar Anda masih dapat menggunakan kabel pengisian daya micro-USB atau aksesori lain pendukung yang sudah Anda miliki. Di sebelah port pengisian daya ada jack headphone, speaker, dan stylus S Pen. Galaxy Note FE juga memegang sertifikasi IP68 yang berarti smartphone ini dapat bertahan di bawah air dengan kedalaman 1,5 meter selama hingga 30 menit.

S Pen pada Note FE kini dirancang untuk menjadi lebih responsif dan mudah digunakan. Ujung stylus tersebut hanya memiliki diameter 0,7 mm sehingga manjadikan S Pen terasa lebih mirip ujung ballpoint. Kini performa S Pen juga lebih akurat lantaran dapat mengenali tekanan hingga 4.096 tingkat. Kedua penyempurnaan tersebut menghasilkan pengalaman menulis lebih lancar dan benar-benar seperti menulis di atas kertas.

Pengalaman ketika memainkan game Asphalt 8: Airborne, kami merasakan performa Note FE sangat mulus tanpa gangguan lag sedikitpun. Gerakan cepat pada konten game tersebut juga dapat ditangani dengan baik sehingga kami tidak melihat gangguan blur. Pengujian lewat aplikasi Antutu Benchmark, smartphone ini berhasil menghimpun skor 110279. Kami memutar video berulang-ulang untuk menguji daya tahan baterai. Dengan kapasitas 3.200 mAh, Note FE hanya mampu bertahan selama 9 jam 42 menit.

Bagi Anda yang menginginkan smartphone Galaxy Note8 tetapi tidak ingin mengeluarkan dana yang tidak terlalu banyak, Galaxy FE dapat menjadi penggantinya mengingat performa yang ditawarkan masih sangat cepat dengan harga Rp 8.499.000.