Ulasan Xiaomi Redmi Note 4: Baterai Besar, Fitur Lengkap

Xiaomi Redmi Note 4: Baterai Besar, Fitur Lengkap

Desain Xiaomi Redmi Note 4 terlihat lebih premium dibandingkan dengan pendahulunya (Redmi Note 3) dengan bodi logam alumunium serta pinggiran frame agak melengkung yang terasa sangat nyaman di genggaman tangan kami. Bodi logam tersebut juga sangat berguna untuk menangkal noda sidik jari yang terkadang menganggu terutama ketika tangan berkeringat.

Anda akan melihat tiga tombol navigasi sensitif sentuhan di bawah layar IPS 5,5 inci milik Redmi Note 4 yang akan menyala ketika disentuh. Sedangkan tombol volume dan daya terletak di tepi kanan, kedua tombol tersebut memiliki jarak berdekatan sehingga kami memerlukan waktu beberapa saat untuk membedakan antara tombol kontrol volume dan daya saat mengakses tanpa melihatnya.

Di sisi sebaliknya, ada tray kartu SIM hibrida yang dapat diakses menggunakan pin. Tray kartu SIM tersebut memungkinkan Anda memasang kartu SIM nano dan kartu SIM micro atau kartu SIM micro dan kartu microSD. Kedua kartu SIM tersebut mendukung konektivitas 4G, tetapi kartu SIM kedua hanya akan mendukung 3G jika kedua slot kartu SIM digunakan.

Beberapa fitur baru yang ada di Redmi Note 4 adalah Dual Apps dan Second Place. Untuk fitur Dual Apps, memungkinkan Anda menjalankan aplikasi yang sama dalam dua kondisi. Fitur ini sangat berguna jika Anda menggunakan kedua slot kartu SIM pada Redmi Note 4 sehingga Anda akan memiliki dua akun WhatsApp (atau akun aplikasi lain) di ponsel yang sama. Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut di Settings > App Settings > Dual Apps.

Sedangkan Second Place bermanfaat untuk Anda yang ingin menggunakan Redmi Note 4 baik sebagai urusan kerja atau pribadi. Pada dasarnya fitur tersebut menciptakan profil kedua pada smartphone. Meski kedua profil tersebut memiliki pengaturan sistem ponsel yang sama, tema Home Screen dan layout akan berbeda.

Di dalam bodi yang berukuran 151 x 76 x 8,5 mm, Redmi Note 4 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa core 2.0 GHz yang disokong pula dengan RAM 4 GB. Dalam hal penyimpanan, smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ini membawa ruang sebesar 32 GB yang dapat diekspansi via microSD hingga 256 GB. Skor yang dihimpun ketika kami menjalankan aplikasi AnTuTu Benchmark untuk smartphone ini adalah 61975. Tidak ada gangguan lag yang berarti ketika kami memainkan game Asphalt 8: Airborne meski grafis game tersebut ditingkatkan hingga batas tertinggi.

Kamera belakang Redmi Note 4 menggunakan kamera CMOS BSI 13 megapiksel, aperture f/2.0, PDAF ultra cepat 0,1 detik dan flash LED dua warna. Meski resolusi tersebut lebih rendah dibandingkan pendahulunya (16 megapiksel), ukuran piksel lebih besar (1,12μm) menjanjikan kualitas lebih bagus pada kondisi cahaya remang. Untuk kamera depan, Redmi Note 4 dilengkapi dengan resolusi 5 megapiksel dan aperture f/2.0.

Dalam kondisi cahaya normal, kamera Redmi Note 4 mereproduksi hasil gambar sangat baik. Performa fokus sangat cepat. Terdapat banyak detil yang tertangkap. Ketika kami memotret di dalam kondisi minim cahaya, smartphone ini menampilkan hasil gambar dengan detil menurun dan agak terdapat gangguan noise. Namun secara keseluruhan performa kamera terbilang baik di kelasnya.

Meski bodi terbilang ramping, Redmi Note 4 memiliki kapasitas baterai sebesar 4.100 mAh yang bakal memberikan tenaga seharian dalam penggunaan sehari-hari termasuk menonton video secara streaming, bermain game, mengakses internet, dan lain-lain.

Secara keseluruhan, fitur andal yang ditawarkan Redmi Note 4 memang pantas dibilang nilai lebih dari smartphone dengan harga Rp 2.399.000.