Xiaomi Redmi Note 3: Berkualitas di Harga Terjangkau

Xiaomi Redmi Note 3: Berkualitas di Harga Terjangkau

 

Meski baru masuk pasar sekitar dua tahun lalu, seri Redmi Note telah memiliki perjalanan yang panjang. Terbukti, Xiaomi menjadi perusahaan yang dapat membuat desain bagus dan berkualitas. Begitu pula dengan Redmi Note 3. Smartphone yang mencolok dari segi harga ini mengejutkan kita dengan fitur premium dan menarik seperti sensor sidik jari, desain logam, dan kualitas yang terbangun dengan baik.

Redmi Note 3 adalah ponsel Xiaomi pertama yang seluruh bodinya tertutup logam meskipun masih ada penggunaan plastik di atas dan bawah ponsel untuk antena. Tekstur belakangnya pun memudahkan ponsel ketika digenggam. Ketika menggenggam Redmi Note 3, Anda akan bertanya bagaimana mungkin Xiaomi bisa memasang bodi aluminium di ponsel dengan harga terjangkau.

Pengguna yang dominan menggunakan tangan kanan akan menyukai letak tombol Back yang berada lebih dekat dengan ibu jari kanan. Salah satu bagian yang kami apresiasi adalah penggunaan cahaya belakang untuk tombol navigasi kapasitif. Tombol ini dapat menyala ketika anda menyentuh sensor sidik jari atau tombol daya. Xiaomi mengklaim sensor sidik jari Redmi Note 3 sangat responsif dengan waktu 0,3 detik. Ketika kami mengujinya, memang benar secepat itu. Xiaomi menyatakan sensor tersebut menggunakan keamanan sensor sidik jari level chip TEE milik Trustonic. Artinya, redmi Note 3 memiliki tingkat keamanan yang sama dengan Touch ID milik Apple; data sidik jari disimpan pada ruang dalam hardware. Untuk Redmi Note 3, kantung kemanan ini dibuat dengan bantuan Qualcomm Secure Execution Environment.

Redmi Note 3 menggunakan antarmuka MIUI 7 berbasis sistem operasi Android 5.1.1 (Lollipop), dan antarmuka tersebut telah disempurnakan agar dapat beroperasi 30 persen lebih cepat dibanding pendahulunya. Unit pengujian yang kami terima hadir dengan ruang penyimpanan sebesar 16 GB yang dapat anda tingkatkan sebesar 32 GB lagi melalui slot microSD. Ponsel ini dapat dioperasikan dengan kartu SIM mikro dan nano. Slot SIM nano dua kali lebih besar dibanding slot microSD. Di Indonesia, Redmi Note 3 telah disesuaikan untuk mendukung jaringan 3G.

Redmi Note 3 yang kami uji berbekal prosesor Qualcomm Snapdragon 650 hexa-core 1,8 GHz dan RAM 2 GB. Seperti pendahulunya, Redmi Note 3 memiliki performa lebih banyak dibandingkan dengan harganya. Navigasinya halus dan hampir tidak ada gangguan lag yang sebelumnya menjadi momok perangkat Xiaomi sebelum dirilisnya MIUI 7. Dengan baterai berkapasitas 4.050 mAh, smartphone ini dapat bertahan selama 11 jam 23 menit ketika menjalani uji ketahanan baterai.

Ketika kami menjalani Quadrant, benchmark yang mengevaluasi performa grafik 3D, memori, I/O, dan CPU; prosesor yang diusung Redmi Note 3 benar-benar andal dengan mencatat skor 26372. Artinya, jauh lebih berperforma dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi Note 2, dengan skor 22930.

Kamera belakang juga mengalami peningkatan. Redmi Note 3 memiliki kamera belakang 16 megapiksel dengan aperture f/2.0, lensa 5 elemen, Phase Detection Autofocus (PDAF), dan prosesor imaji tipe baru. Meski tidak mendukung Optical Image Stabilization (OIS) yang ini sering ditemukan pada smartphone yang lebih canggih dengan harga lebih mahal pula, hasil foto Redmi Note 3 terlihat sangat bagus. Kami senang Xiaomi tidak memenuhi antarmuka kamera dengan terlalu banyak pilihan. Opsi Mode Manual terbatas untuk tingkat white balance dan ISO. Ada juga beberapa mode kamera seperti HHT (mode rendah cahaya), efek mata ikan, Beautify, Tilt-Shift, dan Panorama.

Dengan harga hanya Rp 2.599.000, Redmi Note 3 menawarkan desain premium dan indah yang merupakan terobosan baru produk dalam kategori ini. Layar selebar 5,5 inci serta beresolusi Full HD (1.080 x 1.920 piksel) memberikan kemudahan Anda ketika bermain game hingga membaca. Ponsel ini pun mudah digenggam berkat sisinya yang melengkung dan penggunaan logam bertekstur. MIUI 7 adalah peningkatan besar dari versi sebelumnya, terutama jika Anda merasa terganggu dengan momok lag yang terjadi pada pendahulunya. Secara keseluruhan, Redmi Note 3 berperforma sejalan atau di atas ekspektasi sebagian besar area dan Anda tidak akan menemukan perangkat lain selain ini.