Gadget Inovatif di 2018

Meski akan berakhir dalam hitungan hari, 2018 menyuguhkan beberapa inovasi teknologi menarik diranah gawai. Beberapa di antaranya merupakan kelanjutan dari tren dan inovasi tahun lalu, tapi tak dimungkiri ada beberapa produk yang mampu tampil menonjol. Simak beberapa perangkat menarik yang hadir di sepanjang 2018.

Oppo Find X

Di tengah tren smartphone dengan notch di bagian atas layar, Oppo mencoba tampil beda saat menghadirkan Find X. Smartphone premium tersebut mengusung layar OLED 6,4 inci yang membentang dari bagian atas smartphone, kedua sisi samping, dan nyaris menyentuh bagian bawah yang menyisakan sedikit dagu di bawah layar sehingga memiliki rasio bodi dengan layar hingga 93,8 persen.

Lalu di mana kamera depannya? Modul kamera tersembunyi di dalam bodi smartphone. Hanya saat Anda membuka aplikasi kamera maka kamera “Stealth 3D” timbul ke atas menampilkan kamera depan 25 megapiksel dan dua kamera belakang 16 megapiksel dan 20 megapiksel. Setelah aplikasi kamera tidak digunakan, maka kamera akan tenggelam ke dalam bodi smartphone. Oppo menyatakan kamera tersebut bisa terbuka dalam tempo hanya 0,5 detik.

Oppo Find X memang bukan smartphone terbaik di pasaran saat ini, tapi bisa dibilang salah satu yang paling inovatif dibandingkan dengan para pesaingnya yang hanya sedikit menyuguhkan peningkatan setiap kali menghadirkan produk baru.

 

Sensor sidik jari pada layar

Sensor sidik jari masih menjadi fitur keamanan biometrik andalan di sebagian besar smartphone saat ini, selain pengenalan wajah dan iris mata. Perkembangan sensor sidik jari mengarah pada sensor yang tertanam di dalam layar untuk mengakomodasi desain smartphone dengan layar penuh di segmen premium.

Vivo menjadi merek smartphone pertama yang mengumumkan sensor sidik jari di layar seperti pada Vivo V11 Pro. HIS Market memprediksi pengapalan smartphone dengan sensor sidik jari pada layar akan mencapai sekitar 9 juta unit hingga akhir 2018. Jumlah tersebut akan meningkat drastik tahun depan seiring kian banyaknya smartphone yang mengadopsi teknologi sidik jari di layar.

 

Laptop berteknologi NVIDIA Max-Q

Diperkenalkan tahun lalu, teknologi Max-Q besutan NVIDIA mulai diimplementasikan dibeberapa notebook gaming yang hadir di tahun ini. Max-Q menjadi solusi untuk menghadirkan produk notebook gaming yang memiliki kekuatan komputasi tinggi namun dengan rancang bangun bodi tipis dan ringan. Tidak hanya itu, termasuk di dalam bagian Max-Q adalah sistem pendingin canggih, seting game yang dioptimalkan, dan pengaturan daya agar lebih efisien.

Salah satu di antara notebook yang melakukan debut dengan Max-Q adalah ASUS ROG Zephyrus, sebuah notebook 15,6 inci memikat yang memiliki ketebalan hanya 17,9 mm, berbobot 2,2 kg, tapi mengusung chip GPU NVIDIA GeForce GTX 1080.

 

Televisi 8K

Meskipun pengadopsian televisi beresolusi 4K tidak bisa dibilang banyak, tapi sudah mulai populer di kalangan konsumen yang menginginkan hiburan rumahan memikat. Tetap hal itu tidak menghentikan pabrikan televisi untuk menghadirkan televisi generasi baru dengan panel beresolusi 8K. Resolusi tersebut dua kali lebih tinggi daripada resolusi 4K dengan resolusi 7680 x 4320 piksel atau 33 juta piksel.

Walaupun televisi 8K masih sangat muda, tapi diperkirakan pasar tersebut akan bertumbuh lebih dari 5 juta unit pada 2022. Pabrikan seperti LG dan Samsung bersaing merebut pasar televisi 8K berbekal teknologi panel masing-masing yakni OLED untuk LG dan QLED untuk Samsung.

 

Sony A9

Meskipun diluncurkan tahun lalu, Sony A9 mampu tampil di depan dalam hal inovasi teknologi memikat. Sony membekali A9 dengan sensor CMOS full-frame 35 mm bersusun beresolusi 24,2 MP. Sensor tersebut mengombinasikan struktur konvensional dengan pencahayaan depan dengan struktur bersusun dengan pencahayaan belakang yang memungkinkan sensitivitas ISO mencapai 204.800.

Sony A9 berkemampuan memotret kontinyu hingga 20 FPS dan melakukannya tanpa suara shutter. Artinya, Anda bisa mengabadikan momen gambar dengan cepat dan tanpa blackout saat menggunakan jendela bidik. Jendela bidik elektronik baru dengan panel Quad-VGA OLED memilik resolusi sekitar 3,6 juta dot dan refresh rate 60 Hz atau 120 Hz untuk menghadirkan pengalaman membidik gambar tanpa jeda.

 

Google Pixel Buds

Pixel Buds merupakan sepasang headphone nirkabel premium yang coba ditawarkan Google. Anda bisa menjawab panggilan telepon, mengatur volume suara, dan mengontrol pemutaran musik via sentuhan di earbud sebelah kanan. Microphone Pixel Buds mampu memfokuskan pada suara Anda dan menyaring suara bising sekitar, sehingga orang yang di ujung telepon bisa mendengar ucapan Anda dengan jelas.

Tapi bukan itu saja fitur yang ditawarkan Pixel Buds. Saat dipasangkan dengan smartphone Google Pixel, Pixel Buds menawarkan penerjemahan secara langsung. Saat earphone mendengar ucapan Anda, maka akan memberikan terjemahan yang Anda inginkan dari speaker smartphone Google Pixel. Saat lawan bicara mengucapkan kalimat, smartphone Pixel akan mengirimkan terjemahan ke telinga Anda via Pixel Buds untuk memberikan pengalaman penerjemahan secara langsung bagi kedua belah pihak.

 

Apple Watch Series 4

Meskipun Apple Watch Series 4 terlihat mirip dengan pendahulunya, tapi Apple Watch generasi baru ini mengusung peningkatan penting dan fitur baru yang meningkatkan pengalaman penggunaannya. Selain itu, Apple Watch Series 4 sekitar 30 persen lebih besar daripada pendahulunya. Sebagai pusat komputasi, Apple Watch Series 4 dilengkapi dengan prosesor baru, S4 65-bit yang diklaim dua kali lipat lebih kencang daripada prosesor S3 yang diusung Apple Watch Series 3.

Fitur inovatif yang disuguhkan oleh Apple Watch Series 4 adalah kemampuannya memberikan informasi eleltrokardiogram (EKG) berkat elektroda yang tertanam pada Digital Crown dan bagian belakang case. Tidak hanya itu, berkat sensor yang sensitif, Apple Watch Series 4 mampu mendetaksi saat pengguna terjatuh. Apple Watch Series 4 akan memberikan peringatan kepada pengguna. Jika dalam waktu 60 detik Anda tidak merespon atau Appel Watch Series 4 mendeteksi bahwa pengguna tidak responsif, maka secara otomatis akan menghubungi layanan kesehatan darurat lengkap dengan lokasi pengguna.