Plextor M6 Pro 1 TB - Kapasitas Besar dan Penuh Fitur

Plextor M6 Pro 1 TB - Kapasitas Besar dan Penuh Fitur

 

Perangkat penyimpanan SSD M6 Pro merupakan penerus dari M5 Pro yang menjadi model SSD unggulan tawaran Plextor. Seperti pendahulunya, M6 Pro ditujukan bagi segmen profesional dan enthusiast yang menginginkan performa terbaik dari perangkat penyimpanan SSD. Harga perangkat SSD yang menunjukkan tren penurunan memungkinkan Plextor menawarkan varian kapasitas penyimpanan 1 TB seperti pada M6 Pro unit uji ini.

Plextor M6 Pro 1 TB menggunakan kontroler Marvell 88SS9187 yang digunakan pula oleh pendahulunya Plextor M5 Pro. Marvell 88SS9187 merupakan kontroler generasi ketiga dan penerus 88SS9174 yang digunakan pada SSD kelas atas lainnya. Marvell memang menyiapkan kontroler dengan delapan kanal NAND Flash tersebut untuk perangkat penyimpanan berperforma tinggi. Performa tinggi juga ingin dicapai Plextor dengan menyandingkan kontroler Marvell tersebut dengan flash MLC NAND 19 nm buatan Toshiba dan antarmuka SATA III 6 Gbps. Plextor M6 Pro unit uji kami memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB dan setelah diformat kapasitas penyimpanan yang tersedia sekitar 953,86 GB.

Plextor tidak hanya menawarkan solusi hardware melalui M6 Pro 1 TB tapi juga software PlexTurbo yang menggunakan memori RAM sistem sebagai RAM cache. Melaui PlexTurbo, Plextor ingin menawarkan kecepatan di atas kecepatan antarmuka 6 Gbps milik SATA III. Plextor juga menyediakan software TrueSpeed dan TrueProtect yang mampu mempertahankan performa SSD dan mekanisme pengecekan errorberlapisan guna memberikan akurasi data serta enkripsi ASI 256-bit. Paket pembelian menyediakan kabel SATA dan bracket 3,5 inci.

Untuk M6 Pro berkapasitas 1 TB, Plextor mengklaim kecepatan baca dan tulis sekuensial berturut-turut hingga 545 MB/detik dan 490 MB/detik. Pada uji yang kami lakukan menggunakan CrystalDiskMark 3.0.4, M6 Pro 1 TB menorehkan kecepatan baca dan tulis sekuensial berturut-turut 533 MB/detik dan 483 MB/detik. Torehan performa yang tidak jauh berbeda ditunjukkan melalui pengujian menggunakan AS SSD Benchmark yakni 530 MB/detik dan 473 MB/detik berturut-turut untuk kecepatan baca dan tulis sekuensial. Performa tersebut tergolong memikat karena telah melewati batas 500 MB/detik untuk kecepatan baca.

Plextor M6 Pro 1 TB menyajikan performa kompetitif dibandingkan dengan pesaingnya dengan menorehkan kecepatan baca menembus 500 MB/detik meskipun tidak demikian untuk kecepatan tulisnya. Paket pembeliannya lengkap dan didukung dengan garansi selama 5 tahun. Meskipun tidak melakukan pengujian menggunakan software PlexTurbo, kami yakin software RAM cache tersebut mampu mendongkrak performanya.