Thecus N5550 - NAS Lima Bay Multifungsi

Thecus N5550 - NAS Lima Bay Multifungsi

 

Thecus bukan nama asing dalam solusi NAS dan kali ini kami mendapatkan sebuah mainan baru bernama N5550 yang dilengkapi output HDMI.

Mengapa HDMI, Anda mungkin bertanya? Sesungguhnya dengan modul software tambahan yang tepat dari Thecus (tepatnya Local Display), pengguna juga bisa menginstal aplikasi XBMC yang pada dasarnya menyulap N5550 menjadi media center PC dengan keyboard dan mouse berbasis USB yang bisa dihubungkan dengan mudah. Selain itu, Thecus juga menyediakan modul yang menginstal software antivirus dan klien Dropbox, dua software tambahan yang belum pernah ditemui pada NAS keluaran pabrikan lain.

N5550 diperkuat prosesor Intel Atom D2550 yang mengusung dua inti dan berlari dengan kecepatan 1,8 GHz. Anda mendapatkan memori DDR3 sebesar 2 GB yang bisa dengan mudah di-upgrade menjadi 4 GB jika mau. Thecus juga membuat proses pemeliharaaan dan ugrade relatif mudah dengan sekrup di bagian belakang dan sebuah penutup yang bisa dilepas seluruhnya untuk mengakses motherboard di dalamnya.

Ini adalah NAS dengan lima bay dan karenanya merupakan bagian dari portofolio Thecus untuk segmen korporat. Drive bay-nya terdiri dari beberapa drive individual yang bisa dikunci dengan kunci sementara hard drive fisiknya harus dikencangkan dengan obeng. Fitur hardware lainnya termasuk port Ethernet ganda (dengan fungsi link aggregation terintegrasi), lima port USB (4 USB 2.0 di belakang dan satu USB 3.0 di depan), output VGA, dan bahkan dua modul layar LCD di bagian muka sehingga pengguna bisa dengan mudah memeriksa status N5550.

Kami menguji N5550 dengan hard drive Seagate Barracuda LP 2 TB dengan setup di RAID 6. Diuji dengan benchmark pilihan kami yaitu Intel NAS Performance Toolkit, NAS ini seolah terbang. Proses penyalinan file dari dan ke NAS ini mencatatkan nilai rata-rata masing-masing 114 MB/detik dan 72,8 MB/detik. Di lain pihak, tugas copy directory dari dan ke dalamnya berjalan dengan kecepatan rata-rata 9,2 MB/detik dan 12,6 MB/detik. Untuk pemutaran dan perekaman video, N550 menorehkan skor masing-masing 66,8 MB/detik dan 113 MB/detik.

Secara keseluruhan, N5550 adalah NAS yang sangat andal bagi kalangan enthusiast mau pun pengguna UKM. Agaknya Thecus masih belum memahami benar tentang pentingnya antarmuka pengguna yang intuitif dan versi 5.0 termutakhirnya jelas butuh perbaikan signifikan. Namun demikian, jika Anda sudah terbiasa melakukan semuanya sembari beraktifitas di jalan, tak ada alasan untuk kembali ke metode manual bukan? Selain itu, Anda juga selalu bisa mengandalkan aplikasi untuk iOS atau Android. Kemampuan untuk memfungsikan N5550 sebagai media centre cukup menggiurkan dan bisa jadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pengguna. Harga 7,9 juta jelas tidak masuk hitungan terjangkau tapi sangat pantas jika mengingat beragam fitur dan kinerja transfer data yang sangat cepat yang ditawarkannya.