TomTom Via 620 - Besar Itu Indah

TomTom Via 620 - Besar Itu Indah

 

Lebih besar lebih baik. Agaknya prinsip ini berlaku bagi semua perangkat berlayar. Mulai dari TV, monitor, notebook, tablet, smartphone dan sekarang perangkat navigasi personal (PND). Memperkenalkan TomTom Via 620. Berukuran sedikit lebih besar dari telapak tangan, Via 620 mengusung layar enam inci dan otomatis menjadi perangkat navigasi personal terbesar saat ini.

Mengingat ukuran PND terbesar sudah mencapai lima inci, Anda mungkin berpikir bahwa perbedaan satu inci pada Via 620 tak akan berdampak signifikan. Nyatanya, ekstra satu inci di Via 620 terbukti sangat bermanfaat. Pertama, Via 620 menjanjikan visibilitas yang mengesankan. Karena ukurannya yang besar, kami bisa dengan mudah melihat arah jalan. Bagi pengemudi lanjut usia penderita rabun dekat, Via 620 membuat navigasi jauh lebih mudah. Manfaat yang sama juga bisa dirasakan ibu-ibu yang berkendara dengan anak kecil di kursi belakang. Layar lebih lega terutama memudahkan mereka memeriksa kondisi jalan dan anak secara bergantian. Dengan resolusi layar 480 x 800 piksel, tampilan gambar terlihat begitu jernih dan tajam.

Selain visibilitas layar sempurna, keypad virtual pada layar juga mudah digunakan lantaran ukurannya relatif besar, sekali lagi berkat layar enam inci yang lega. Dengan ukuran layar besar, Anda juga tak perlu memasukkan input dengan akurat misalnya jika ingin mengetik alamat atau point of interest saat mengemudi.

Di sisi lain, layar besar Via 620 menjadi kelebihan sekaligus kelemahannya karena sedikit berlebihan bagi sejumlah pengguna. Secara personal, kami merasa itu terkadang agak menganggu dan layar lima inci lebih nyaman. Ukurannya yang besar juga bisa jadi kendala tersendiri bagi kendaraan yang lebih mungil dengan ruang dashboard dan spion terbatas.

Dari segi software, antarmukanya akan terasa akrab bagi mereka yang sudah pernah menggunakan TomTom. Secara keseluruhan, antarmuka penggunanya tampak serupa dengan jajaran PND TomTom lainnya termasuk seri GO yang lebih premium, fungsional dan kaya fitur untuk pengemudi yang berpengalaman. Saat meminta rute ke sebuah tujuan, misalnya, pengguna bisa memilih jalan atau jalan tol tertentu atau justru menghindarinya.

Selama perjalanan, Anda bisa tenang mempercayakan urusan navigasi pada Via 620 berkat sistem pemetaan mutakhir dari TomTom yang mengusung beberapa jenis layer informasi untuk pencarian rute lebih cepat dan efisien. Bagi yang senang berbagi, Via 620 juga dibekali fitur unik Community updates Di mana pengguna bisa berbagi informasi lokasi dan peta dengan pengguna lainnya sehingga peta yang sudah ada semakin mutakhir.

Dengan harga Rp. 2.580.000, Via 620 tergolong lumayan terjangkau. Terlebih lagi jika Anda kerap bepergian di dalam dan luar negeri karena TomTom juga menawarkan update peta gratis seumur hidup untuk Indonesia dan tujuh negara lain di Asia. Singkatnya, Via 620 adalah navigator yang kompeten dan bagi yang suka gadget berukuran besar, tak ada PND yang lebih besar lagi.