WD My Cloud EX4100 - Cepat dan Aman

Review WD My Cloud EX4100 - Cepat dan Aman

 

Jika Anda berprofesi di bidang kreatif seperti fotografer ataupun videografer yang kerap berkutat dengan file berukuran besar seperti RAW atau video 4K maka Anda harus menyimak tawaran WD My Cloud EX4100. Berada di jajaran My Cloud Expert Series, NAS (Network Attached Storage) dengan empat baki ini menggunakan prosesor dual-core Marvell® ARMADA® 388 1.6 GHz. Menjanjikan kecepatan tinggi untuk baca/tulis, media streaming berkualitas HD, kapasitas penyimpanan hingga 24 TB serta keamanan dan kenyamanan menggunakan. Dan semua file yang tersimpan di dalamnya bisa Anda akses dari manapun sepanjang ada koneksi Internet.

Seperti NAS lainnya, EX4100 bukanlah perangkat seksi yang menarik dibahas sisi desainnya. Sekalipun begitu, WD memberikan LCD mungil pada EX4100 yang jernih dan informatif. EX4100 hadir dengan empat hard disk WD Red berkapasitas masing-masing 6 TB, dan setelah dikonfigurasi dengan RAID 5 totalnya menjadi 17,9 TB. Secara default, WD akan mengatur konfigurasinya pada RAID 5 tapi Anda bisa mengkustomisasinya pada RAID 0, 1, atau 10 JBOD dan itu bisa Anda lakukan dengan mudah.

Tersedia tombol one-touch copy USB 3.0 di kiri depan yang secara otomatis akan meng-copy data dari media penyimpan USB ke NAS. Kemampuan lainnya sebagai NAS kelas bisnis adalah adanya iSCSI, sinkronisasi file, FTP terintegrasi, WebDAV server, SSH Shell, dan mendukung Microsoft Active Directory. Sebagai tambahan juga ada dual power supply ports, dua Gigabit Ethernet dan mendukung UPS.

EX4100 juga bisa menjadi pusat hiburan berkat kemampuan streaming medianya. Anda bisa dengan mudah menikmati koleksi video HD, foto ataupun musik yang tersimpan di sini dengan menggunakan Smart TV, smartphone ataupun gadget lainnya.

Di dunia bisnis, keamanan adalah hal yang mutlak dan tak bisa ditawar. EX4100 dilengkapi dengan enkripsi data tingkat tinggi yang bisa menjadikan Anda bisa tidur dengan tenang. Untuk menjaga video, foto atau data lainnya tetap aman, EX4100 dilengkapi dengan beberapa opsi proteksi agar data tidak hilang seperti USB Backups, Remote Backups, Internal Backups, Cluod Backups, dan juga Camera Backups.

Selain keamanan, kecepatan adalah pertimbangan penting lain dalam menentukan pilihan. EX4100 sepanjang pengujian mampu memuaskan kami tak hanya ketika mentransfer data dari dan ke perangkat, namun juga saat streaming video HD yang bisa berlangsung mulus tanpa lag. Pada uji Intel NASPT, EX4100 menorehkan kecepatan pemutaran dan perekaman video HD 1104 MB/detik. Sementara saat menyalin 65 file video berkapasitas 27,1 GB dari PC, EX4100 membutuhkan waktu selama 110 MB/detik, dan hanya perlu 86 MB/detik untuk menyalin data sama dari EX4100 ke PC.

Spesifikasi
Prosesor Marvell ARMADA 388 1,6 GHz dual-core
Memori DDR3 2 GB
Konektivitas Gigabit Ethernet x 2, port USB 3.0 x3
Jumlah baki HDD 4x 3,5 inci, hot swap
HDD WD Red NAS 6 TB x4
Kapasitas 18 TB (RAID 5)
Manajemen HDD RAID: JBOD, spanning, 0/1/5 10/5 + hot spare
Harga US$ 1449,99