Western Digital Black 6 TB - Kencang dan Berkapasitas Besar

Western Digital Black 6 TB Kencang dan Berkapasitas Besar

 

Diperuntukkan bagi segmen pengguna yang membutuhkan perangkat penyimpanan berperforma tinggi seperti fotografer, videografer hingga gamer, lini hard disk Black besutan Western Digital (WD) merupakan pilihan populer. WD menyegarkan lini hard disk Black dengan meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 6 TB yang tentu saja menawarkan peningkatan performa dibandingkan dengan hard disk Black berkapasitas besar sebelumnya yakni 4 TB.

WD Black 6 TB merupakan hard diskSATA 6 Gbps dengan faktor bentuk 3,5 inci dan memiliki kecepatan putar 7200 RPM. WD melengkapinya dengan cache berkapasitas 128 MB guna meningkatkan algoritma caching sehingga mengoptimalkan cache saat tugas baca dan tulis yang berujung pada peningkatan performa. Seperti hard disk Black sebelumnya, WD membenamkan prosesor dual-core untuk memaksimalkan performa baca dan tulis. Untuk mendukung ketangguhan, Black 6 TB dilengkapi pula dengan teknologi StableTrac yang biasa diusung oleh hard disk WD berkapasitas 2 TB ke atas. Teknologi StableTrac menstabilkan pelat hard disk dan meminimalkan getaran sehingga memungkinkan operasi baca dan tulis lebih akurat.

WD Black 6 TB mencatatkan kecepatan baca dan tulis sekuensial berturut-turut 223,9 MB/detik dan 223,6 MB/detik saat diuji menggunakan Crystal Disk Mark 3.0.4. Pengujian lainnya menunjukkan kecepatan sekuensial di kisaran 220 MB/detik yakni 228 MB/detik dan 248 MB/detik berturut-turut untuk kecepatan baca dan tulis di uji ATTO Disk Benchmark. Performa kecepatan tersebut nyaris menyentuh separuh kecepatan SSD yang berada di kisaran 500 MB/detik, namun Black 6 TB memiliki kapasitas penyimpanan sepuluh kali lipat lebih besar.

WD Black 6 TB tidak hanya menyajikan kapasitas penyimpanan besar tapi juga performa kecepatan baca dan tulis sekuensial memikat untuk sebuah perangkat penyimpanan mekanis. Para profesional foto dan video serta gamer bisa memanfaatkan kapasitas dan performa tinggi WD Black 6 TB untuk mendukung aktivitas mereka yang berkutat dengan file berukuran besar. Bagi Anda yang ingin membangun sistem gaming atau multimedia berperforma tinggi atau yang sedang dalam proses pembaruan hard disk, WD Black 6 TB patut dipertimbangkan dalam daftar belanja.