AMD Akan Produksi CPU dan GPU Mendatang Menggunakan Proses TSMC 7 nm


AMD Akan Produksi CPU dan GPU Mendatang Menggunakan Proses TSMC 7 nm

AMD memang baru saja mengumumkan prosesor Ryzen generasi kedua dan Threadripper yang berbasiskan pada proses pabrikasi GlobalFoundries 12 LP, tapi kini AMD sedang menyasar proses pabrikasi 7 nm.

AMD hari ini mengumumkan akan menggunakan proses pabrikasi TSMC 7 nm untuk CPU dan GPU mendatang. GlobalFoundries telah lama menjadi pilihan AMD untuk memproduksi CPU dan GPU besutannya. Mulai dari chip Ryzen, Threadripper, hingga EPYC, seluruhnya berbasikan pada proses pabrikasi 14 nm dan 12 nm dari GlobalFoundries.

Meski demikian, GlobalFoundries menghentikan pengembangan proses pabrikasi 7 nm dan memilih fokus menyempurnakan proses pabrikasi 14 nm dan 12 nm. GlobalFoundries ingin mempersiapkan teknologi proses pabrikasi tersebut untuk pasar dengan pertumbuhan tinggi seperti kendaraan otonom, IoT, dan komponen seluler 5G.

Keputusan bisnis yang bisa dipahami karena mengurangi beban investasi proses pabrikasi lebih canggih memungkinkan perusahaan memfokuskan sumber dayanya pada sektor yang tumbuh cepat, menurut Samuel Wang, Research Vice President, Gartner. Tidak banyak konsumen yang mampu melakukan transisi ke 7 nm atau lebih kecil sehingga permintaan proses pabrikasi 14 nm ke atas akan tetap ada dalam beberapa tahun mendatang.   

AMD telah menyatakan bahwa CPU Vega dan CPU EPYC 7 nm akan diproduksi oleh TSMC, tapi pengumuman terbaru ini tetap menunjukkan pergeseran signifikan bagi AMD.

AMD menyatakan telah memproduksi beberapa produk 7 nm di TSMC, termasuk GPU 7 nm pertamanya yang direncanakan meluncur tahun ini dan CPU server 7 nm pertamanya di 2019.

AMD memiliki banyak alasan untuk menggunakan proses pabrikasi 7 nm. Intel belum akan merilis CPU 10 nm hingga akhir 2019, sehingga AMD memiliki peluang meluncurkan produk dengan proses pabrikasi baru lebih awal.

Sumber: AMD

Semua Kategori Berita