AMD Akhirnya Luncurkan Arsitektur Navi di E3 Tahun Ini


AMD Akhirnya Luncurkan Arsitektur Navi di E3 Tahun Ini

Para konsumen setia sudah dalam panantian yang panjang untuk menyaksikan arsitektur GPU baru dari AMD. Seharusnya, GPU tersebut akan berbasiskan pada arsitektur baru, Navi, tapi tidak banyak informasi tentangnya. Meski demikian, arus rumor kembali hadir yang mengungkapkan adanya pembahasan tentang GPU Navi yang akan diluncurkan sekitar pertengahan tahun.

Rumor tersebut didukung oleh fakta bahwa CEO AMD, Lisa Su mengatakan dalam pidatonya di CES bahwa bakal ada lebih banyak informasi tentang Navi di 2019, menyebut tahun ini sebagai “siklus grafis sangat aktif”. Situs web seperti Red Gaming Tech dan OC3D kini mengabarkan bahwa arsitektur Navi diperkirakan meluncur di Juni dengan ketersediaan sebulan kemudian.

Dengan demikian, peluncuran tersebut ada di sekitar ajang E3 atau Computex 2019, tapi belum ada informasi yang konkrit. Microsoft juga diperkirakan akan menyampaikan informasi tentang Xbox di E3, sebuah konsol yang diperkirakan mengusung arsitektur AMD Navi.

Meski demikian, beredar pula rumor bahwa GPU mendatang tersebut akan ditujukan bagi pasar low hingga mid-range, bukan segmen high-end dan bersaing dengan GeForce RTX 2060, bukan RTX 2080 Ti. Selain itu, GPU Navi kelas atas diperkirakan tidak akan hadir hingga 2019 atau bahkan awal 2020.

Untuk sementara, sulit menebak performa Navi, walau ada klaim bahwa sejauh ini AMD puas dengan hasilnya. Bagaimanapun, informasi rumor ini masih bersifat spekulasi dan mesti menunggu hingga Juni untuk membuktikan kebenaran rumor ini.

Sumber: OC3D

Semua Kategori Berita