Apple iOS 9 Hadirkan Siri Lebih Pintar, Aplikasi News, dan Multi-taksing di iPad


Apple iOS 9 Hadirkan Siri Lebih Pintar, Aplikasi News, dan Multi-taksing di iPad

 

Apple mengumumkan versi terbaru sistem operasi iOS, IOS 9, di ajang WWDC 2015 yang digelar hari ini. Sistem operasi mobile terbaru tersebut menghadirkan upgrade besar terhadap asisten digital Apple, Siri, yang kini tampil lebih “proaktif” engan menawarkan aplikasi berdasarkan konteks tertentu seperti hari atau lokasi. Kemampuan tersebut mirip dengan tawaran Google Now.

Misalnya, Siri secara otomatis akan memberitahu pengguna jarak dan waktu tempuh lokasi meeting berdasarkan kondisi lalu-lintas. Atau, jika pengguna gemar mendengarkan musik di waktu yang sama setiap harinya, Siri secara otomatis akan menawarkan memutar lagu setiap harinya. Jika pengguna menancapkan headphone, Siri secara otomatis menyarankan playlist atau audiobook.

Sifat proaktif Siri juga akan melihat aplikasi yang pengguna miliki dan menyarankan aplikasi berguna berdasarkan aktivitas yang akan pengguna lakukan. Jika ada panggilan telepon masuuk namun nomor pemanggil tidak tersedia dalam daftar kontak, Siri akan memindai inbox email untuk mencocokkan nomor tersebut dengan email yang ada dan menampilkan informasi kontak yang sesuai. Siri juga mampu memahami dengan lebih baik bahasa sehari-hari dan menampilkan hasil pencarian lebih baik pula. Misalnya, pengguna bisa menanyakan kepada Siri seluruh foto di lokasi dan waktu tertentu.

iOS 9 menghadirkan keterhubungan mendalam di dalam pencarian menggunakan Spotlight sehingga pengguna bisa mengakses konten di dalam aplikasi saat melakukan pencarian di seluruh sistem, bukannya membuka halaman uama aplikasi. Spotlight juga bisa melakukan konversi unit tanpa perlu membuka pencarian web seperti yang dilakukan Siri sebelumnya. Kini, permintaan konversi bisa diketikkan selain diucapkan.

Menariknya, Apple mengatakan bahwa seluruh pemrosesan pintar tersebut terjadi di dalam ponsel. Artinya, data pengguna tidak dikirimkan ke server di cloud. Cara tersebut berbeda dari Google dan Microsoft saat pengguna menggunakan Google Now dan Cortana yang menggunakan pemrosesan cloud untuk seluruh fungsinya.

iOS 9 juga bakal memperoleh aplikasi baru bernama News yang akan mengagregasikan kontek berita dari beragam sumber. Artikel berita disajikan dalam layout untuk perangkat mobile yang bisa ditampilkan dengan cepat dan memiliki animasi informastif serta gambar penuh. Apple telah menggandeng beberapa rekanan dari organisasi berita untuk memberikan konten bagi aplikasi baru tersebut seperti CNN, Time, Wired, dan ESPN.

Aplikasi tersebut juga bisa menampilkan artikel dari tautan web manapun, tapi Apple mengatakan pengalaman terbaik adalah menikmati artikel dari situs berita yang secara spesifik didesain untuk aplikasi tersebut. News tampak sangat mirip dengan Flipboard dan beragam aplikasi serupa lainnya yang telah ada di App Store, tapi Apple mengklaim aplikasi tersebut mampu belajar dari pola penggunaan sang pengguna dan menawarkan konten dan artikel berdasarkan preferensi membaca. Untuk tahap, News tersedia di A.S., Inggris, dan Australia.

iOS 9 juga meliputi beberapa upgrade terhadap aplikasi lawas. Notes memperoleh fitur baru seperti memasukkan gambar, checklist, dan sketsa, seta Apple Maps menampilkan informasi transportasi publik seperti kereta dan rute bus. Opsi transit baru tersebut mendukung 20 kota saat peluncuran.

iOS 9 juga memperkenalkan fitur multi-tasking yang didesain khusus untuk iPad. Fitur on-screen keyboard menyediakan shorcut untuk cut, copy, paste, dan sebagainya serta mode baru yang mengubah keyboard menjadi trackpad.

Perubahan besar iOS pada iPad adalah mode multitasking Split-Screen. Mode tersebut hanya tersedia di iPad Air 2 yang memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi secara berdampingan dan bersamaan seperti yang yang dimiliki tablet Androd dan Microsoft.

Seluruh iPad lawas (meskipun Apple tidak menyebutkan iPad Mini) akan memperoleh task switcher yang telah didesain ulang bernama Slide Over untuk memasukkan aplikasi di layar yang sama, mirip seperti Windows 8, dan kedua aplikasi tetap aktif secara bersamaan. Aplikasi bisa di bagi 50-50 atau 70-30 di layar dan multi-finger touch gesture yang ada di iPad bisa digunakan di kedua layar.

Seluruh iPad juga akan memperoleh pemutar video picture-in-picture yang bisa dipindahkah di seluruh layar.

Di tingkatan sistem, Apple mengatakan iOS 9 lebih efisien dan kecil dibandingkan dengan iOS sebelumnya. Software baru ini hanya membutuhkan kapasitas 1,8 GB saat penginstalan yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan 4,6 GB yang dibutuhkan iOS 8. Apple juga mengatakan iOS 9 memiliki “low power mode” baru yang bisa memperpanjang daya tahan baterai hingga tiga jam dalam sekali isi ulang.

iOS 9 kompatibel dengan seluruh perangkat yang kompatibel dengan iOS 8. Para developer yang telah terdaftar bisa memperolehnya hari ini sedangkan versi beta publik bakal hadir di Juli. iOS 9 akan tersedia sebagai rilis final di September tahun ini atau berbarengan dengan peluncuran iPhone baru.

Semua Kategori Berita