Apple Meluncurkan iPad Pro 12,9 inci


Apple Meluncurkan iPad Pro 12,9 inci

 

Setelah berbulan-bulan diperbincangkan, iPad Pro yang mengusung layar lebih besar dan didesain untuk produkstivitas akhirnya hadir. Penambahan model terbaru pada lini iPad ini diumumkan di acara Apple pada 9 September di mana CEO Apple, Tim cook menyebutnya sebagai “berita iPad terbesar setelah iPad”.

Apple iPad Pro mengusung layar 12,9 inci, tapi tetap tipis dengan ketebalan hanya 6,9 mm (lebih tipis 0,8 mm dari iPad Air 2). Berukuran lebih besar, iPad Pro berbobot lebih tinggi di angkat 712 Gram. Sebagai gambaran besarnya ukuran layar, lebar iPad Pro berukuran sama dengan tinggi iPad Air 2.

Layar pada iPad Pro memiliki resolusi 2732 x 2048 piksel (total ada 5,6 juta piksel) dengan kepadatan 265 ppi. Berarti, iPad Pro memiliki lebih banyak piksel dibandingkan dengan MacBook Pro dengan Retina display 15 inci. Apple juga membenamkan banyak teknologi dari iMac dengan Retina 5K display pada iPad Pro. Untuk pertama kalinya, layar iPad Pro juga memiliki refresh rate bervariasi, artinya refresh rate bisa diturunkan untuk menghemat baterai.

Untuk meningkatkan fungsi iPad Pro saat menikmati konten, Apple akhirnya menyediakan setup speaker stereo. Tidak hanya itu, iPad Pro memiliki sistem audio empat speaker yang menyeimbangkan audio stereo dan frekuensi tergantung pada cara Anda menggenggamnya.

Di dalam iPad Pro adalah prosesor baru Apple A9X yang diklaim Apple 1,8 kali lebih cepat dibandingkan dengan A8X pada iPad Air 2. Menurut Phil Schiller dari Apple, “performanya sekelas desktop dan lebih cepat dari 80% PC portabel yang dikapalkan pada 12 bulan terakhir.” Begitu kuatnya performa, iPad Pro mampu mengedit tiga video 4K secara simultan. Menurut Apple, iPad Pro memiliki daya tahan baterai 10 jam dalam penggunaan tanpa henti.

Sayangnya, kamera belum diperbarui. Modul kamera masih menggunakan kamera iSight 8 megapiksel seperti pada Apple iPad Air 2 dan belum tersedia flash LED. Seperti iPad tahun lalu, iPad Pro dilengkapi pula dengan sensor Touch ID.

Apple iPad Pro akan tersedia pada November dengan varian warna Silver, Space Gray, dan Gold. Opsi kapasitas penyimpanan yang tersedia adalah 32 GB – US$799 (Rp 11,3 juta) dan 128 GB – US$949 (Rp 13,4 juta). Model 4G LTE hanya tersedia dalam model 128 GB US$ 1079 (Rp 15 juta).

Aksesoris iPad Pro

Memiliki ukuran besar, bisa jadi banyak orang ingin mengganti laptop mereka dengan iPad Pro. Apple membantunya dengan menyediakan dua aksesoris baru yang didesain secara spesifik untuk iPad Pro. Aksesoris pertama adalah Smart Keyboard yang dibalut dengan bahan yang membentuk struktur keyboard. Aksesoris keyboard terhubung ke iPad Pro melalui perekat magnetis dan tiga bulatan di bagian sisinya. Smart keyboard tampak mirip dengan keyboard Microsoft Surface Pro. Aksesoris keyboard ditawarkan dengan harga US$ 169 (Rp. 2,4 juta).

Selain keyboard, Apple meluncurkan pula stylus untuk iPad Pro dengan nama Apple Pencil. Saat menggunakan Pencil, iPad Pro meningkatkan jumlah pemindaian permukaan layar untuk meningkatkan akurasi. Apple Pencil memiliki kemiripan dengan Samsung S-Pen dan memiliki sensor sensitivitas sehingga Anda bisa menekan dengan ringan untuk garis tipis atau lebih kuat untuk garis lebih tebal. Apple mengklaim rasanya seperti menulis dengan sebenarnya atau alat untuk menggambar.

Baterai pple Pencil bisa diisi ulang menggunakan konektor Lightning yang bisa dihubungkan langsung ke dalam iPad Pro. Aplikasi sepeti Mail dan Note telah mendukung Apple Pencil dan menariknya Apple bahkan mengundang Microsoft ke atas panggung untuk mendemonstrasikan aplikasi Office untuk iOS versi baru yang meliputi dukungan terhadap Pencil. Apple Pencil akan dijual dengan harga US$ 99 (Rp 1,4 juta).

Semua Kategori Berita