Beberapa Kartu Grafis NVIDIA GeForce MX150 Lebih Lambat Dari Lainnya


Beberapa Kartu Grafis NVIDIA GeForce MX150 Lebih Lambat Dari Lainnya

NVIDIA GeForce MX150 merupakan chip grafis populer di segmen notebook mainstream yang tetap ingin menawarkan solusi chip grafis terintegrasi. Meski demikian, menurut NotebookCheck, tidak seluruh GeForce MX150 sama dan Anda bisa mendapatkan performa lebih buruk di notebook tertentu.

NotebookCheck dikabarkan menemukan selisih performa GPU yang lebar di antara notebook berkelengkapan GeForce MX150 dan sepertinya hal tersebut tergantung pada varian MX150 yang Anda peroleh.

Sepertinya notebook dengan GeForce 150MX varian “N17S-LG-AI” atau “1D12” berperforma 20 hingga 25 persen lebih rendah daripada MX150 reguler. Itu merupakan penurunan yang besar terutama di tingkatan performa kelas bawah dan parahnya tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Selain itu, NVIDIA tidak menyebutkan adanya perbedaan model MX150 di situs web-nya.

NotebookCheck juga menemukan bahwa model MX150 yang lebih lambat kebanyakan ditemukan pada laptop 13,3 inci, sehingga NotebookCheck berasumsi perbedaan kecepatan terjadi karena bervariasinya penetapan konsumsi daya. Saat diluncurkan, MX150 disebutkan memiliki TDP 25 Watt. Besaran TDP tersebut tidak mengherankan karena MX150 disiapkan sebagai penerus GeForce 940MX, tapi varian lebih lambat seperitnya beroperasi dengan batasan TDP 10 Watt.

Selain itu, NotebookCheck mem-posting tangkapan layar GPU-Z versi standar 1D10 dari MX150 yang berjalan dengan base clock 1469 MHz dan boost clock 1532 MHz. Di sisi lain, versi 1D12 ditunjukkan beroperasi pada base clock lebih rendah yakni 937 MHz dan boost clock 1038 MHz, tapi spesifikasi seperti jumlah inti CUDA tetap sama.

Memang tidak ada yang salah dengan adanya perbedaan varian pada kartu grafis tertentu, tapi minimnya transparansi menjadi tidak mengenakkan.

Meski demikian, NVIDIA menyediakan pernyataan di bawah ini pada laman spesifikasi MX150

 “Pengimplementasian bisa bervariasi tergantung pada model OEM. Silahkan merujuk pada situs web OEM untuk spesifikasi sebenarnya.”

Itu berarti bisa saja para pabrikan notebook menjadi pihak yang bertanggunjawab terhadap varian lebih lambat. Namun, ID perangkat yang berbeda pada MX150 versi lambat dan cepat juga bisa menunjukkan adanya perbedaan implementasi di tingkatan firmware oleh NVIDIA.

Sumber: NotebookCheck

Semua Kategori Berita