Berapa penghematan yang bisa dihadirkan HBM dibanding memori GDDR5? Banyak.


Berapa penghematan yang bisa dihadirkan HBM dibanding memori GDDR5? Banyak.

 

Saat meluncurkan Radeon R9 Fury X, kartu grafis pertamanya yang mengusungmemori High Bandwidth Memory (HBM), AMD menggarisbawahi penghematan ruang yang dihadirkan HBM. Namun informasi yang disajikan kebanyakan berupa gambar grafis dan angka – 672mm² vs 35mm² - yang tidak banyak banyak membantu imajinasi. Di ajang GTC tahun ini, SK Hynix memamerkan memori HBM yang menunjukkan seberapa besar penghematan ruang yang disajikan teknologi memori terbaru ini.

Satu hal yang perlu di catat, meskipuan die memori generasi kedua HBM2 berukuran lebih besar dari HBM, namun masih lebih kecil dari die GDDR5 8 GB. Ukuran die memori yang kian mengecil memungkinkan GPU berukuran ringkas dengan densitas memori lebih tinggi untuk beragam konsumen, ilmuwan, aplikasi profesional, dan bahkan memori GDDR5X, standar GDDR5 yang telah diperbarui, tidak mampu menandinginya.

HBM2 telah diusung leh GPU Pascal Tesla P100 besutan NVIDIA, namun belum ada indikasi yang jelas kapan tipe memori baru tersebut tersedia di produk konsumen. Meski demikian, GPU AMD Polaris mendatang sepertinya tetap menggunakan memori HBM atau GDDR5.

Sumber: ExtremeTech

Semua Kategori Berita