Fujifilm Umumkan Dua Kamera GFX Baru di Photokina 2018


Fujifilm Umumkan Dua Kamera GFX Baru di Photokina 2018

“Never stop” merupakan slogan terbaru Fujifilm yang ditunjukkan dalam cara mereka bergerak maju dengan seluruh produknya mulai dari solusi berkekuatan AI hingga kamera. Dengan demikian, Fujifilm terus mengembangkan lini kamera GFX bagi fotografer yang menginginkan kualitas gambar tertinggi.

Toshi Iida (General Manager, Optical Devices & Electronic Imaging Products Div) di atas panggung menyatakan bahwa kamera mirrorless seharusnya terbebas dari “warisan lawas” kamera DSLR tradisional, baik melalui performa maupun kenyamanan. Dengan demikian, ia menyatakan Fujifilm tidak menyediakan solusi tengah kamera full-frame karena Anda bisa memilih kamera APS-C seri X untuk kecepatan atau kamera medium format GFX untuk kualitas tertinggi.

Hari ini Fujifilm menambahkan model baru ke lini GFX dengan desain baru yakni GFX 50R (“R” singkatan dari rangefinder). Bobotnya 145 gram lebih ringan (775 gram vs 920 gram) dan 25 mm lebih tipis (66,4 mm vs 91,4 mm) daripada GFX 50S sehingga jauh lebih portabel. Tombol kontrol tetap sama seperit GFX 50S sehingga Anda mendapatkan dial kontrol, tapi tidak mendapatkan panel LCD atas seperti pada GFX 50S.

GFX 50R menggunakan sensor dan energi pemrosesan gambar X-Processor Pro yang sama seperti GFX 50S, sehingga kualitas gambar seharusnya tidak jauh berbeda. Meski demikian, LCD belakang GFX 50R bisa lipat empat arah dibandingkan dua arah pad GFX 50S.

GFX 50R akan tersedia di November 2018 dengan banderol S$6,999 (~Rp. 76 juta).

Fujifilm juga mengumumkan model GFX 100 MP yakni GFX 100. Seperti namanya, kamera ini mengusung sensor beresolusi 100 MP. Fujifilm mengatakan sensor format medium berukuran besar tersebut memiliki titik Phase Detection di seluruh bingkai untuk performa fokus lebih cepat dan hadir dengan sistem stabilisasi gambar pada bodi untuk hasil lebih baik di seluruh skenario.

GFX 100 dilengkapi dengan mesin pemrosesan gambar baru X-Processor 4 yang diusung X-T3 dan hadir dengan kemampuan merekam video 4K 30p dengan tampilan dan rasa format medium. Fujifilm berencana meluncurkan GFX 100 pada semester pertama tahun depan dengan harga US$10.000 (sebelum pajak).

Bersama dengan pengumuman tersebut adalah kerjasama dengan Capture One. Tiga versi varu Capture One telah dirilis yang mendukung kamera Fujifilm sehingga Anda bisa menambahkan pemrosesan dan pemotretan tether pada Capture One ke dalam alur kerja.

Tersedia Capture One Express Fujifilm, yang tersedia gratis tapi hanya melakukan pemrosesan gambar tanpa pemotretan tether, Capture One Pro Fujifilm, yang merupakan opsi berlangganan tahunan sebesar €159 dan hanya bisa digunakan dengan kamera Fujifilm, dan versi penuh Capture One Pro yang mendukung seluruh merek kamera yang didukung oleh Capture One. Anda bisa menggunakannya dengan biaya €180/tahun atau membeli lisensi sebesar €299.  

Semua Kategori Berita