iPhone 2019 Bakal Usung Tiga Kamera, iPhone 2020 Bakal Usung Kamera 3D?


iPhone 2019 Bakal Usung Tiga Kamera, iPhone 2020 Bakal Usung Kamera 3D?

Apple berencana melakukan pengembangan kamera belakang iPhone untuk dua tahun mendatang.

Beragam sumber menyampaikan kepada Bloomberg bahwa penerus iPhone XS Max bakal hadir dengan tiga kamera belakang. Informan andal, @OnLeaks, telah merilis gambar yang diduga iPhone XI dengan tiga kamera belakang dan tonjulan berbentuk persegi.

Kamera ketiga disebutkan mampu menangkap sudut pandang lebih besar dan memiliki zoom lebih lebar. Selain itu, kamera ketiga bisa membantu merekam lebih banyak piksel yang bisa digunakan bersama fitur mendatang dengan kemampuan “secara otomatis memperbaiki foto atau video dengan memasukkan obyek gambar yang secara tidak sengaja tidak masuk di dalam gambar awal”. Live Photos akan ditingkatkan untuk mengambil video berdurasi dua kali lebih panjang yakni yang semula 3 detik menjadi 6 detik.

Peningkatan tersebut pada akhirnya akan tersedia pula pada dua smartphone lainnya. Penerus iPhone XR dirumorkan mengusung modul kamera belakang ganda. Ketiga model mendatang diperkirakan akan terlihat sangat mirip dengan model saat ini.

Apple juga sedang menguji beberapa prototipe dengan port USB-C yang menandakan bahwa Apple akhirnya beralih dari port Lightning. Peralihan ke USB-C akan membuat iPhone bisa menggunakan charger untuk iPad dan MacBook. Macotakara mengabarkan bulan lalu bahwa iPhone 2019 “kemungkinan” beralih ke USB-C.

Untuk lini iPhone 2020, Apple dikabarkan melengkapi model tersebut dengan kamera belakang 3D lebih kuat. Kamera 3D berkampuan lebih tinggi dirancang untuk memindai lingkungan untuk menciptakan rekonstruksi 3D dari dunia nyata dan bisa memindai hingga jarak sekitar 4,5 m. Sebagai perbandingan, kamera 3D saat ini yang digunakan Face ID beroperasi dengan jarak antara 25 hingga 50 cm.

Kamera 3D akan menggunakan pemindai laser baru untuk persepsi kedalaman dan penempatan obyek virtual yang lebih akurat. Ia juga membantu iPhone menangkap kedalaman dengan lebih baik. Apple diyakini tertarik dengan teknologi kamera 3D besutan Sony. Kamera 3D baru tersebut akan meningkatkan upaya Augmented Reality (AR) Apple dan memungkinkan kasus penggunaan seperti menampilkan informasi struktur gambar. iPhone 2020 kemungkinan mengusung lebih banyak perubahan desain karena Apple akhirnya akan melengkapinya dengan konektivitas jaringan 5G.  

Sumber: Bloomberg

Semua Kategori Berita