Samsung Mulai Produksi Massal memori GDDR6


Samsung Mulai Produksi Massal memori GDDR6

Samsung mulai produksi chip DRAM GDDR6 dalam skala besar, mengalahkan Micron dan SK Hynix dengan menjadi yang pertama untuk masuk ke dalam produksi massal memori generasi baru.

Memori ini lebih cepat dan lebih efisien ketimbang memori GDDR5 saat ini, dan tampaknya akan memulai debut di kartu grafis PC yang dirilis akhir tahun ini.

Chip GDDR 16 Gb ini memiliki fabrikasi proses 10 nm dan berjalan pada 1,35 Volt. Memori ini juga memiliki kecepatan 18 Gb/detik dan kecepatan hingga 72 GB/detik. Sebagai perbandingan, memori GDDR5 8 Gb 20 nm Samsung memiliki densiti setengahnya, kecepatan hingga 9 Gb/detik, dan pengoperasian 1,55 Volt.

Secara teori, chip Samsung kini terlihat lebih baik dibandingkan dengan spesifikasi yang dikeluarkan sebelumnya oleh kompetitor.

SK Hynix pertama merilis rincian chip GDDR5 sekitar enam bulan lalu, yang tertulis 8 Gb, chip 16 Gb/detik yang juga berjalan pada 1,35 Volt. Di sisi lain, Micron memberikan minim detil, tetapi diperkirakan chip miliknya memiliki kecepatan mulai 12 Gb/detik sebelum sebenarnya mencapai 16 Gb/detik.

Kedua perusahaan tersebut juga diperkirakan akan mulai produksi massal tahun ini.

Dengan demikian, memori GDDR6 baru dari Samsung berarti memiliki performa grafis lebih baik dalam game dan tugas lain seperti cryptocurrency mining dan proses video, semuanya dengan lebih efisien daya.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut juga berharap memori baru ini digunakan dalam bidang seperti proses video 8K, Virtual Reality dan bahkan Artificial Intelligence.

Sumber: Samsung

Semua Kategori Berita