SHE Taipei 2019: Layanan Pintar Dongkrak Kualitas Kesehatan


SHE Taipei 2019: Layanan Pintar Dongkrak Kualitas Kesehatan

Layanan Pintar Dongkrak Kualitas Kesehatan

Di bawah pengawasan kementrian kesehatan Taiwan, Smart Healthcare Expo (SHE Taipei) yang digelar bersama Joint Commission of Taiwan (JCT) dan Taiwan Smart City Solutions Alliance (TSSA) menghadirkan cara membangun rumah sakit pintar berperforma tinggi menggunakan teknologi pintar.

Untuk tahun ini, zona pengalaman kesehatan interaktif SHE Taipei menyuguhkan lebih dari 10 perusahaan asal Taiwan memamerkan solusi total pengaplikasian perawatan medis pintar menggunakan 5 skenario nyata seperti pusat perawatan manula, layanan perawatan, pengobatan dan perawatan medis berpresisi tinggi menggunakan kecerdasan buatan, ruang pengobatan, dan perawatan di rumah.

Industri teknologi informasi dan rumah sakit global disiapkan untuk meningkatkan efisiensi manajemen perawatan kesehantan dan kualitas layanan rumah sakit. SHE Taipei memamerkan solusi teknologi untuk layanan kesehatan. Jajaran teknologi untuk mendukung layanan kesehatan tersebut tersedia untuk meningkatkan lingkungan kehidupan lebih baik di sebuah kota pintar di mana layanan medis menjadi pondasi utama.

Pada skenario perawatan yang bekelanjutan misalnya. Pasien yang telah diijinkan pulang dapat melanjutkan pengobatan dirumah menggunakan perangkat pintar. Seluruh data akan diunggah ke platform cloud secara instan. Status pasien akan direkam pada formulir elektronik dan dikirimkan ke platform manajemen sehingga manajer kasus kesehatan di rumah sakit bisa mendapatkan informasi kondisi pasien setelah meninggalkan rumah sakit. Integrasi informasi yang nyaman tersebut diyakini mampu meningkatkan kualitas layanan rawat jalan bagi pasien.

Kemudian ada skenario perawatan pintar pada komunitas yang biasanya ditujukan bagi para manula di panti jompo. Keluarga bisa menggunakan layanan Smart Car Reservation System untuk datang ke rumah dan pergi ke panti jompo setiap pagi. Di panti jompo tersedia integrasi solusi sistem keamanan yang meliputi pengenalan wajah, memonitor kondisi udara ruangan, dan pagar elektronik untuk memastikan keselamatan para manula di dalamnya.

Salah satu delegasi panel diskusi SHE Taipei 2019 asal Thailand yakni Mr. Boonchai Kijansayotin, Asia eHealth Information Network Thailand menyampaikan bahwa tantangan utama pengintegrasian teknologi informasi ke dalam layanan kesehatan bukanlah teknologi, melainkan orang. Semua pihak yang berkepentingan di dalam satu negara harus bekerjasama menyiapkan infrastruktur teknologi bersama pemerintah. Kendala lainnya adalah masalah interoperabilitas karena tidak adanya standarisasi, tapi bukannya tidak bisa diatasi. Menurutnya, Taiwan sangat memikat dalam hal layanan kesehatan di mana dokter bisa mengunduh data kesehatan dengan mudah.

Semua Kategori Berita