TSMC Siap Produksi Chip A-Series 5 nm Untuk iPhone 2020


TSMC Siap Produksi Chip A-Series 5 nm Untuk iPhone 2020

Lebih dari dua tahun setelah mengumumkan rencana mendirikan pabrik untuk proses pabrikasi chip 5 nm dan 3 nm senilai US$15,7 miliar, TSMC mengumumkan versi lengkap infrastruktur desain 5 nm di dalam Open Innovation Platform (OIP).

DigiTimes mengklaim bahwa peluncuran tersebut memungkinkan pelanggan TSMC seperti Apple mulai menggarap desain chip 5 nm. Teknologi 5 nm diperkirakan menawarkan kecepatan dan penghematan daya lebih tinggi.

“Teknologi 5 nanometer milik TSMC menawarkan proses pabrikasi paling canggih di industri bagi pelanggan kami untuk memenuhi kian tingginya permintaan kekuatan komputasi yang digerakkan oleh AI dan 5G,” kata Cliff Hou, VP of R&D and technology development TSMC. “Teknologi 5 nanometer mensyaratkan optimalisasi bersama antara desain dan teknologi. Maka dari itu, kami berkolaborasi dengan rekanan di dalam ekosistem untuk memasikan mampu menghadirkan blok IP yang tervaliasi dan kesiapan tool EDA untuk konsumen. Seperti biasa, kami terus berkomitmen membantu konsumen mencapai kesuksesan silikon pertama dan masuk ke pasar lebih cepat.”

TSMC dikabarkan menjadi pabrikan eksklusif untuk membuat chipset A13 untuk model iPhone tahun ini. Di Juni tahun lalu, TSMC juga mengungkapkan akan menginvestasikan US$25 miliar pada teknologi 5 nm.

Sumber: DigiTimes

Semua Kategori Berita