500px Diretas, Data 14,8 juta Akun Terdampak


500px Diretas, Data 14,8 juta Akun Terdampak

500px mengungkapkan via email kepada para pengguna dan mengumumkan di situs web-nya bahwa 500px telah mengalami peretasan di 2018 dan data pribadi sekitar 14,8 juta akun kemungkinan terdampak.

500px menyampaikan bahwa tim insinyur mengetahui potensi masalah keamanan yang memengaruhi beberapa data profil pengguna pada 8 Februari. 500px melakukan peninjauan kembali sistem mereka dan bekerja sama dengan ahli pihak ketiga untuk membantu proses investigasi. Otoritas penegak hukum juga turut membantu.

Investigasi awal mengindikasikanbahwa sekelompok peretas telah mengakses sistem dan mendapatkan sebagian data pengguna pada 5 Juli 2018. Data pribadi tersebut meliputi nama, username, alamat email yang terkait dengan login 500px, hash password, negara, kota/provinsi, tanggal lahir dan jenis kelamin.

500px menyatakan bahwa tidak ada bukti yang mengindikasikan akses tanpa ijin terhadap akun pengguna atau data yang berhubungan dengan profil pengguna telah terdampak oleh peretasan tersebut. 500px telah melakukan upaya untuk melindungi data pengguna dengan memeriksa akses ke server, database, dan layanan penyimpanan data sensitif lainnya.

500px juga memonitor source code, baik publik dan internal, untuk melindungi dari masalah keamanan. Para ahli keamanan cyber telah dihubungi untuk memperkuat situs web tersebut, aplikasi mobile, sistem internal, dan proses keamanan.

Untuk melindungi pengguna, 500px telah mengganti seluruh password akun dan mensyaratkan pengguna untuk mengklik tautan di dalam email untuk mengganti password. Buat password yang panjang dan menggunakan campuran karakter berbeda agar sulit ditebak atau diretas.

Sumber: 500px

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir