Adobe Hadirkan Pengalaman Creative Cloud di Perangkat Mobile


Adobe Hadirkan Pengalaman Creative Cloud di Perangkat Mobile

Pada konferensi Adobe MAX 2014 hari ini, Adobe mengumumkan akan menghadirkan pembaruan fitur kepada 13 aplikasi Creative Cloud serta aplikasi mobile baru yang mengintegrasikan dan meningkatkan pengalaman kreatifitas dari aplikasi desktop. Pembaruan fitur hadir hanya dalam hitungan bulan setelah pembaruan besar terakhir pada Juni tahun ini yang menandakan komitmen Adobe untuk terus meningkatkan produk aplikasinya sekaligus memberikan pengguna berlangganan nilai tambah dengan penyegaran aplikasi dalam tempo singkat. Beberapa peningkatan aplikasi yang signifikan termasuk fitur baru cetak 3D dan peningkatan performa Mercury Graphics Engine untuk Photoshop CC; tool Curvature baru di Illustrator CC; dukungan EPUB interaktif di InDesign CC; dukungan SVG dan Synchronized Text di Muse CC; dukungan GPU dalam pemutaran video 4K dan Ultra HD di Premiere Pro CC; dan HiDPI dan dukungan 3D di After Effects CC.

Selain itu, Adobe mengungkapkan akan meningkatkan Photoshop CC dan Illustrator CC dengan dukungan layar sentuh untuk perangkat seperti Microsoft Surface Pro 3 dan laptop Microsoft Windows 8 berkemampuan sentuh. Saat mendemonstrasikan fitur sentuh baru, Adobe menunjukkan bagaimanan Illustrator CC dan Photoshop CC bisa secara otomatis mengubah antarmukanya (UI) menjadi ramah sentuhan saat mendeteksi pengguna mencabut keyboard dari tablet Surface Pro 3. Selain itu, Adobe mendemonstrasikan kendali total terhadap aplikasi hanya menggunakan antarmuka sentuh dan bagaimana pengguna bisa membuat desain memikat pada Illustrator CC menggunakan stylus milik Surface Pro 3.

Seluruh pengguna Creative Cloud juga memperoleh akses ke Creative Profile baru yang memungkinkan mereka untuk menghubungkan kreativitas pada karya, aset dan komunitas online. Menggunakan Creative Profile, file, foto, warna, brush, font, textstyle, grafis dan aset lainnya akan selalu tersedia di cloud. Creative Profile bisa diakses dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dan di perangkat apapun sehingga para profesional bisa mengakses karya dan profile di manapun.

Pembaruan baru aplikasi mobile termasuk:

  • Adobe Photoshop Sketch (iPad) – berdasarkan pada apliaksi Sketch yang dirilis Juni tahun ini, aplikasi yang diperbarui dan berganti nama tersebut hadir dengan lima brush ekspresif baru. Pengguna bisa mengimpor brush kustom yang dibuat menggunakan aplikasi baru Adobe Brush CC.
  • Adobe Photoshop Mix (iPhone / iPad) – diperbarui dengan kemampuan melakukan komposit serta integrasi dengan Photoshop CC. Adobe Photoshop Mix juga akan tersedia untuk iPhone.
  • Adobe Lightromm (iPhone / iPad) – aplikasi dengan pembaruan baru tersebut kini memungkinkan keluarga dan teman memilih foto favorit dan memberikan komentar terhadap foto yang dibagi secara online menggunakan Lightroom web. Aplikasi baru ini juga akan membaca informasi GPS dari foto iPhone dan mensinkronkannya dengan aplikasi Lightroom desktop.
  • Adobe Illustrator Draw (iPad) – sebelumnya dikenal sebagai Adobe Ideas, aplikasi baru ini memberikan pengguna akses kepada tool menggambar vektor dan fitur dari Adobe Ideas pada antarmuka baru yang modern. Aplikasi baru ini juga mendukung Adobe Ink and Slide, Touch Slide dan Adobe Shape CC.
  • Adobe Illustrator Line (iPad) – aplikasi yang diperbarui ini memungkinkan pengguna mengirimkan gambar vector ke Adobe Illustrator CC sehingga bisa mengakses path vektor asli untuk pengeditan. Aplikasi tersebut juga memungkinkan pengguna mengakses konten bebas royalti berkualitas tinggi seperti ikon, gambar dan pola untuk digunakan pada karya mereka.
  • Adobe Color CC (iPhone) – sebelumnya dikenal sebagai Adobe Kuler, aplikasi ini memungkinkan Anda memilih warna dan menyimpannya sebagai theme yang bisa secara langsung digunakan di aplikasi Adobe lainnya termasuk Illustrator CC dan Photoshop CC.

Aplikasi mobile baru termasuk:

  • Adobe Premiere Clip (iPhone / iPad) – aplikasi baru Premiere Clip memungkinkan Anda mengedit video di iPhone atau iPad menjadi video memikat yang bisa Anda sebarkan. Video yang dibuat pada Premiere Clip disinkronkan ke seluruh perangkat secara otomatis, memungkinkan pengguna memulai pengeditan di satu perangkat dan melanjutkannya di perangkat yang lain. Fitur ini juga terhubung ke Adobe Premiere Pro CC via Creative Cloud.
  • Adobe Brush CC (iPhone / iPad) – aplikasi baru ini memungkinkan pengguna membuat brush unik baik di iPad atau iPhone kemudian digunakan pada Photoshop CC, Illustrator CC atau aplikasi Adobe Photoshop Sketch. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk memotret gambar dan mengubahnya menjadi brush cantik berkualitas tinggi.
  • Adobe Shape CC (iPhone / iPad) – aplikasi ini memungkinkan Anda membuat bentuk vector menggunakan iPhone atau iPad cukup dengan mengubah foto berkontras tinggi menjadi vector. Bentuk vector bisa digunakan di Illustrator CC dan Adobe Illustrator Line via Creative Cloud libraries.

Jajaran aplikasi mobile baru tersebut akan tersedia untuk di-download pada iOS (iPad dan/atau iPhone). Saat ini, aplikasi ini belum tersedia untuk Android maupun Windows Phone. Namun Adobe mengindikasikan rencananya untuk mengembangkan dan menyediakannya untuk kedua platform tersebut ke depannya.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir