Apple Ajukan Paten Charging Nirkabel


Apple Ajukan Paten Charging Nirkabel

 

Perang paten yang lain kemungkinan besar akan segera terjadi mengingat Apple mengajukan paten untuk charging nirkabel, sebuah teknologi yang telah tersedia selama beberapa waktu. Namun perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut mengklaim bahwa teknologi mereka lebih baru dan lebih baik.

Berkas pengajuan paten bernomor 20120303980 itu menggambarkan teknologi charging berbasis resonansi magnetik mengklaim bahwa ia mampu mengisi ulang daya perangkat di udara pada jarak hingga satu meter, berbeda dari kebanyakan solusi charging nirkabel saat ini yang memerlukan kontak fisik antar perangkat dan dok/alas charging.

Apple bukan satu-satunya perusahaan yang mengembangkan teknologi charging nirkabel dari jauh. Meski mereka memasukkan berkas tersebut pada November 2010, startup teknologi lagi, WiPower, juga mengajukan berkas yang sama pada tahun 2008 yang kemudian diakuisisi oleh Qualcomm. Paten tersebut kemudian menjadi bagian dari Alliance for Wireless Power setelah Qualcomm dan Samsung mengumumkan berdirinya organisasi tersebut. 

Charging nirkabel akan menjadi tren tersendiri mengingat belum lama ini Nokia dan Google telah meluncurkan perangkat yang mendukung teknologi ini. Nokia Lumia 920, Lumia 820, dan LG Nexus 4 menggunakan standar charging Qi yang dikembangkan oleh Konsorsium Tenaga Nirkabel (WPC). Perusahaan lain seperti Intel, LG, dan Toshiba juga telah berinvestasi pada teknologi charging nirkabel ini demi produk mobile mereka.

Sumber: The Register via Slash Gear

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir