Apple Akuisisi Startup Headset AR Senilai US$30 Juta


Apple Akuisisi Startup Headset AR Senilai US$30 Juta

Dua sumber menyampaikan kepada TechCrunch bahwa Apple telah mengakuisisi perusahaan rintisan headset AR , Vrvana senilai US$30 juta. Meskipun situs web Vrvana masih ada, beberapa karyawan telah bergabung dengan Apple di California dan sosial media Vrvana sudah tidak diperbarui sejak Agustus.

Vrvana mendapatkan reputasi dari headset Totem yang belum dirilis yang menerima ulasan memikat dari orang yang telah mencobanya. Totem merupakan perangkat “extended reality” yang bisa menghadirkan pengalaman AR dan virtual reality (VR).

Totem menggunakan sejumlah kamera pass-through hadap depan untuk menampilkan linkungan sekitar pada layar OLED di dalam headset. Dibandingkan dengan headset Microsoft HoloLens, Vrvana menggunakan pendekatan berbeda pada Totem dan disebutkan lebih superior di banyak sisi.

Totem memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan sistem sejenis lainnya, paling kentara adalah kemampuan menampilkan overlay transparan, animasi warna di atas dunia nyata, bukan proyeksi serupa hantu ang tidak bisa menampilkan warna hitam. Hal itu memungkinkan Totem melakukan “penggabungan sempurna” saat transisi antara lingkungan VR dan AR.

Akuisisi terbaru ini bisa dibilang signifikan karena dengan jelas mengindikasikan arah Apple di ranah AR. Sejak November 2016, Apple telah dirumorkan sedang menggarap kacamata digital yang bisa terhubung secara nirkabel ke iPhone dan menampilkan informasi. Di CES 2017, karyawan Zeiss dikabarkan mengonfirmasi bahwa Apple bekerjasama dengan Zeiss menggarap kacamata AR.

Analis UBS, Steven Milunovich juga mengabarkan bahwa Apple memiliki lebih dari 1000 insinyur yang menggarap proyek AR di Israel. Di Maret tahun ini, Bloomberg menulis artikel panjang tentang upaya Apple mengembangkan produk AR dengan tim multi-disipliner.

Sumber: TechCrunch via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir