Apple Akuisisi Startup Pembuat Lensa Kacamata AR


Apple Akuisisi Startup Pembuat Lensa Kacamata AR

Apple mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan kepada Reuters telah mengakuisisi Akonia Holographics, sebuah startup yang mengembangkan layar untuk kacamata AR.

Akonia didirikan pada 2012 oleh tim ilmuwan holografi. Time tersebut pada awalnya memfokuskan upayanya pada penyimpanan data holografik sebelum mengalihkan perhatian ke kacamata AR.

Menurut situs web-nya, teknologi layar Akonia memungkinkan lensa kacamata pintar yang transparan dan tipis yang menampilkan gambar bersudut gambar lebar, penuh warna, serta terang. Akonia juga mengantongi lebih daru 200 paten terkait dengan sistem dan material holografik.

Apple telah mengakuisisi perusahaan AR dalam beberapa tahun terakhir. Di 2015, Apple mengakuisisi Metaio untuk teknologi AR-nya yang bisa digunakan untuk perangkat VR yang terpasang di kepala. Di November 2017, Apple membeli startup headset AR, Vrvana. Vrvana menjadi tajuk berita berkat handset Totem yang belum dirilis dengan kemampuan meniru area sekeliling pada layar OLED handset melalui kamera yang diusungnya.

Menurut sumber Bloomberg di November 2016, pabrikan iPhone tersebut dirumorkan akan mengembangkan kacamata digital. Kacamata tersebut dikabarkan terhubung secara nirkabel ke iPhone, menampilkan gambar, dan informasi lainnya di area pandang penggunanya, dan kemungkinan menggunakan AR. Salah satu rekanan yang dirumorkan adalah Carl Zeiss.

Di Agustus 2017, Financial Times mengklaim bahwa Apple sedang bereksperimen dengan “beragam jenis prototipe AR” dan salah satu kelompok insinyur sedang menggarap sepasang kacamata 3D yang mengusung kamera 3D, tanpa layar dan harus menggunakan iPhone sebagai hub dan layar utama.

Sebelumnya tahun ini, dikabarkan bahwa Apple sedang menggarap headset nirkable yang mampu mendukung teknologi AR dan VR. Headset nirkabel tersebut disebutkan mendukung layar 8K untuk setiap mata dan tidak terhubung ke komputer atau smartphone. Disebutkan pula, Apple sedang mengembangkan layar AR untuk mobil otonom yang disebut CEO Apple, Tim Cook, sebagai “induk dari seluruh proyek AI”.

Pasar AR diperkirakan akan menambahkan pendapatan US$8 miliar bagi Apple, maka tidak heran jika pabrikan iPhone tersebut menginvestasikan banyak uang dan upaya pada teknologi tersebut.

Sumber: Reuters 

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir