Apple Baru-Baru Ini Mengakuisisi Startup Musik Asaii


Apple Baru-Baru Ini Mengakuisisi Startup Musik Asaii

Apple mendongkrak rekomendasi konten di Apple Music melalui akuisisi terbaru perusahaan rintisan (startup) analitik musik asal San Fransisco, Asaii.

“Akusisi yang baru-baru ini” dilakukan tersebut dikonfirmasi oleh inkubator startup dan investor Asaii, The House. Cameron Baradar, pendiri The House, menyampaikan kepada Music Ally bahwa ia “sangat senang”.

“Sebagai investor pertama di Asaii, kami sangat menyambut gembiar akusisi yang dilakukan oleh Apple sehingga kami bisa berpeluang meningkatkan dampak secara signifikan dan terus membangun visi bagi masa depan industri musik,” kata Cameron Baradar, pendiri The House, kepada Music Ally.

Asaii dikenal berkat tool buatannya yang memungkinkan label musik menemukan, melacak, dan mengelola artis menggunakan machine learning. Ia bisa menemukan talenta tersembunyi dengan menarik data dari jejaring sosial dan layanan streaming musik termasuk Facebook, Instagram, YouTube dan SoundCloud.

“Machine learning kami ditenagai oleh algoritma yang menemukan artis 10 minggu sebelum masuk ke dalam daftar,” kata Asaii di situs web-nya. “Algoritma kami mampu menemukan Justin Bieber berikutnya, lebih dahulu dari para pesaing,” klaim Asaii.

Asaii didirikan pada Agustus 2016 oleh tiga orang yakni Sony Theakanath, Austin Chen, dan Chris Zhang. Mereka secara kolektif pernah bekerja di Apple, Facebook, Uber, Salesforce, dan Yelp. Ketiga orang tersebut kini bergabung bersama tim Apple Music.

Sumber: Music Ally via MacRumors

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir