Apple Dekati Samsung dan MediaTek Untuk Pasok Modem 5G


Apple Dekati Samsung dan MediaTek Untuk Pasok Modem 5G

Pada sidang antara Qualcomm dan Komisi Perdagangan Federal A.S., Jumat minggu lalu, eksekutif yang bertanggungjawab memasok komponen bagi Apple, Tony Blevins menyampaikan bahwa Apple melakukan negosiasi dengan MediaTek dan Samsung untuk memasok chip modem 5G untuk iPhone.

Tony Blevins menyampaikan bahwa Apple selalu menginginkan banyak pemasok chip modem, tapi menandatangi kesepakatan dengan Qualcomm yang secara eksklusif memasok chip modem dengan penawaran diskon biaya lisensi paten. Kesepakatan tersebut mengakhiri kerjasama Apple dengan Intel guna memasok chip modem untuk iPad Mini 2 karena tidak ingin kehilangan potongan biaya lisensi tersebut.

Saat negosiasi biaya dengan Qualcomm tidak berjalan sesuai harapan, Apple memutuskan untuk memulai “Project Antique guna menemukan pemasok modem kedua. Apple juga mulai menggunakan modem Intel di beberapa iPhone mulai 2016 hingga 2017 dan tuntutan hukumnya terhadap Qualcomm karena biaya royalti yang dianggap kurang adil mengubah hubungan keduanya secara drastis.

“”Konsep Project Antique adalah mencari pemasok kedua. Tak ada maksud menyinggung Intel, tapi kami tidak menginginkan satu pemasok. Kami menginginkan Qualcomm dan Intel,” kata Blevins.”

Meskipun Blevins tidak mengungkapkan apakah Apple telah memutuskan pemasok modem 5G atau akan merilis iPhone 5G tahun ini, ia menyampaikan bahwa mendekati Samsung “bukanlah lingkungan yang ideal” bagi Apple karena keduanya saling bersaing di pasar smartphone.

Kesaksian Blevins mengonfirmasi rumor sebelumnya tentang Apple yang melakukan pembicaraan dengan MediaTek untuk modem 5G. The Wall Street Journal mengabarkan di November 2017 bahwa Apple berencana menghentikan penggunaan chip Qualcomm untuk iPhone dan iPad, serta berpotensi digantikan oleh MediaTek. DigiTimes mengabarkan hal serupa dengan mengklaim bahwa MediaTek berada di posisi yang bagus untuk mengamankan pesanan chip modem dari Apple. Di Juli 2018, DigiTimes kembali mengabarkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan modem MediaTek untuk iPhone mendatang.

Masih perlu ditunggu apakah Apple akan menghadirkan iPhone 5G tahun ini. Fast Company dua bulan lalu mengabarkan bahwa iPhone 5G pertama Apple hanya akan hadir di 2020. Bloomberg juga mengabarkan bahwa Apple diperkirakan menunggu hingga setahun setelah ketersediaan awal jaringan 5G sebelum merilis iPhone 5G.

Sumber: Reuters

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir