Apple iPhone XR Usung Layar 6,1-inci, Satu Kamera Belakang, dan 6 Varian Warna


Apple iPhone XR Usung Layar 6,1-inci, Satu Kamera Belakang, dan 6 Varian Warna

Selain iPhone XS dan XS Max, Apple juga mengumumkan iPhone XR yang mengusung layar besar dan prosesor mobile bertenaga, kamera belakang tunggal, kapasitas penyimpanan internal hingga 256 GB, dan ditawarkan dalam 6 varian warna.

Bagian depan iPhone XR terlihat mirip dengan iPhone X 2017 yang hadir dengan layar edge-to-edge dan notch (poni) di bagian atas layar yang berisi sistem kamera True Depth untuk Face ID. Alih-alih menggunakan panel OLED, iPhone XR mengusung layar LCD 6,1-inci dengan resolusi 1792 x 828 piksel (326 ppi).

Rasio kontras layar menjadi spesikasi yang begitu jelas perbedaannya karena iPhone XR memiliki rasio kontras 1400:1 versus 1.000.000:1 pada model iPhone XS OLED. 3D Touch menjadi fitur yang tidak tersedia pada iPhone XR, tapi Apple menyatakan iPhone XR tetap memberikan umpan balik haptic. Di luar itu, dibandingkan dengan layar iPhone XS, layar XR menyuguhkan performa serupa, termasuk dukungan rentang warna DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 625 cd/m², sensor sentuhan 120 Hz, dan True Tone. Oleh karena seluruh kecanggihan teknologi layar tersebut dan Apple juga harus merancang panel LCD yang melengkung di bagian pinggirnya untuk memaksimalkan area layar, maka Apple menjuluki layar tersebut dengan sebutan Liquid Retina.  

iPhone XR mengusung satu kamera belakang bersudut lebar yang menggunakan modul kamera 12 MP, f1.8 seperti iPhone XS. Meski demikian, kamera belakang iPhone XR memiliki mode Portrait yang menawarkan kontrol kedalaman bidang (baik sebelum dan sesudah foto diambil) dan mode Smart HDR baru seperti iPhone kelas atas. Tapi kamera iPhone XR tidak mendukung zoom optikal karena hanya tersedia pilihan zoom digital hingga 5x. iPhone XR memiliki kamera depan serupa iPhone XS yakni modul 7 MP, f2.2.

Di balik bodi, iPhone XR dilengkapi dengan chip A12 berkelengkapan neural engine seperti halnya yang diusung iPhone XS. iPhone XR merupakan smartphone dengan rating IP67. Dibandingkan dengan iPhone XS yang memiliki rating IP68, iPhone XR terproteksi dari debu, sedangkan iPhone XS mampu bertahan lebih lama saat berada di bawah air.

Alih-alih menggunakan material stainless steel, iPhone XR menggunakan material aluminium seri 7000 kelas industri penerbangan untuk bagian samping dan pinggiran kamera. Penutup belakang menggunakan material kaca yang berarti iPhone XR mendukung wireless chargning. iPhone XR hadir dalam enam varian warna yakni putih, hitam, biru, kuning, coral, dan (PRODUCT)RED. iPhone XR mendukung LTE Adavanced untuk download konektivitas seluler berkecepatan tinggi serta dukungan dual-SIM (nano-SIM + eSIM).

Pre-order untuk iPhone XR dimulai pada 19 Oktober. Apple iPhone XR tersedia dalam model 64 GB, 128 GB, dan 256 GB dengan tawaran banderol mulai US$749. Di negara jiran, Singapura, iPhone XR model 64 GB ditawarkan dengan banderol S$1229 (~Rp. 12,3 juta-an), model 128 GB berbanderol S$1299 (~Rp. 14 juta-an), dan model 256 GB dibanderol S$1469 (~Rp. 15,8 juta-an).

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir