Apple MacBook Air Baru Hadir Dengan Penyegaran Desain dan Layar Retina


Apple MacBook Air Baru Hadir Dengan Penyegaran Desain dan Layar Retina

Model MacBook paling populer Apple, sebuah perangkat yang mendefinisi ulang notebook masa depan dan bisa dimasukkan kedalam amplop saat pertama kali diluncurkan, akhirnya mendapatkan penyegaran besar-besaran. Apple MacBook Air baru hadir dengan pembaruan baik di bagian luar dan bagian dalam termasuk di antaranya layar baru kelas Retina.

Layar Retina baru

MacBook Air masih mengusung layar 13,3-inci dengan backlight LED, tapi hadir dengan peningkatan resolusi layar dari sebelumnya 1440 x 900 piksel, kini menjadi 2560 x 1600 piksel. Resolusi tersebut sedikit di atas 4 juta piksel pada kerapatan 227 piksel per inci dan mendukung hingga jutaan warna. Selain itu, tipe layar juga telah ditingkatkan dari panel TN menjadi panel IPS yang menawarkan reproduksi warna lebih baik dan sudut pandang lebar. Bagian layar memang menjadi fitur yang paling diminta untuk diperbarui dan Apple akhirnya menjawab kebutuhan tersebut.

Pembaruan desain, warna baru dan kian portabel

Layar baru dibarengi dengan penampilan lebih modern yang mirip dengan MacBook. Tidak ada lagi bezel perak tebal yang telah melekat pada desain MacBook Air sejak 2008. MacBook Air 2018 memiliki bezel 50% lebih tipis dan berwarna hitam. Desain tersebut sejalan dengan identitas desain baru di lini notebook modern Apple dan mengikuti tren area layar lebih luas berkat bezel tipis.

Seluruh desain eksterior tetap menyuguhkan desain tirus yang tebal di belakang dan menipis di bagian depan. Tapi kini material yang digunakan adalah aluminium alloy hasil desain Apple yang menggunakan 100% aluminium daur ulang. Apple menegaskan tetap mempertahankan kekuatan dan durabilitas yang sama seperti pada produk Apple sebelumnya. Berkat material aluminium alloy daur ulang, Apple mengklaim mampu mengurangi jejak karbon sekitar 50%.

Untuk pertama kali pula, MacBook Air kini tersedia dalam varian warna beragam selain perak seperti emas dan space grey.

Apple memulai dari awal untuk mengoptimalkan dan mengurangi ukuran MacBook Air dan mampu memangkas volume hingga 17% serta 10% lebih tipis daripada pendahulunya. Di titik paling tebal, MacBook Air hanya setebal 15,6 mm dan berbobot hanya 1,25 kg.

Peningkatan keyboard dan trackpad, serta kenyamanan Touch ID

Seperti pembaruan MacBook Pro 2018, MacBook Air baru juga mengusung keyboard dengan mekanisme kupu-kupu terbaru yang nyaris tidak memiliki jarak tekan tapi tetap ada aksi klik. Aspek lain yang mirip dengan MacBook Pro 2018 adalah trackpad ForceTouch dengan ukuran lebih besar sekitar 20% daripada pendahulunya. Apple menggunakan chip sekuritu Apple T2 yang mengatur fitur TouchID untuk kemudahan otentikasi saat pembayaran online, mengakses konten terproteksi, atau membuka sistem dengan sentuhan jari Anda.

Konektivitas tanpa batas dan suara kencang

Menyediakan dua port Thunderbolt 3 yang kompatibel dengan USB Type-C, MacBook Air 2018 menyediakan banyak opsi untuk terhubung dengan aksesoris, termasuk monitor beresolusi 5K atau bahkan docking GPU eskternal. Selain itu, throughput 40 Gbps pada satu port mampu menangani seluruh transfer data, mengisi ulang baterai, dan kebutuhan koneksi video melalui adaptor.

Kemampuan audio juga telah ditingkatkan dengan speaker stereo yang 25% lebih kencang dan mampu menghadirkan suara bass dua kali lebih tinggi daripada pendahulunya. MacBook Air 2018 juga dilengkapi dengan tiga microphone untuk mendukung panggilan video FaceTime atau berbicara dengan Siri.

Kekuatan performa yang Anda butuhkan

Dilengkapi dengan prosesor Intel generasi ke-8 dual-core Core i5 1,65 GHz yang bisa ditingkatkan kecepatannya hingga 3,6 GHz saat dibutuhkan. Spesifikasi MacBook Air lainnya termasuk memori LPDDR3 2133 MHz 8 GB tapi bisa ditingkatkan hingga 16 GB jika dibutuhkan. MacBook Air juga menggunakan opsi media penyimpanan lebih gesit yakni SSD yang dimulai dari kapasitas 128 GB dan bisa ditingkatkan hingga 1,5 TB.

Dengan pembaruan spesifikasi tersebut dan panjangnya masa MacBook Air terakhir diperbarui, maka pendahulunya terlihat usang, tapi yang mengejutkan, MacBook Air lawas masih tersedia di Apple Store saat penulisan artikel ini.

Meski hadir dengan pembaruan di bagian dalam dan luar, MacBook Air masih mengusung daya tahan baterai panjang yang diklaim mencapai 13 jam saat memutar video iTunes.

Ketersediaan dan harga

Dimulai dengan S$1789 (~Rp. 19,5 juta-an), MacBook Air tersedia secara pre-order hari ini di apple.com/sg. MacBook Air 2018 akan tersedia di toko ritel Apple dan penjulan resmi Apple mulai 7 November 2018.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir