Apple Umumkan MacBook Pro 13 dan 15 Inci Berfitur Touch Bar


Apple Umumkan MacBook Pro 13 dan 15 Inci Berfitur Touch Bar

Terakhir kali notebook populer Apple, MacBook Pro, mengalami pembaruan adalah setahun lalu. Model 13 inci mendapatkan pembaruan dalam bentuk prosesor Intel Broadwell, sedangkan model 15 inci mendapatkan peningkatan kecepatan clock dan kartu grafis baru besutan AMD. Meskipun keduanya merupakan mesin berkemampuan tinggi, tapi dikritik karena memiliki desain serupa dan mulai terlihat tidak menarik dibandingkan dengan notebook PC.

Apple akhirnya mengumumkan pembaruan notebook MacBook Pro dan tersedia dalam model 13 dan 15 inci. Kedua MacBook tersebut dilengkapi dengan layar adaptif dan bisa dikustomisasi yang menggantikan tombol fungsi atau multimedia dengan nama Touch Bar. 

Tombol Touch Bari akan berubah tergantung aplikasi sehingga bisa menjadi shortcut lebih jelas dan akses lebih cepat terhadap fungsi aplikasi yang sering digunakan. Misalnya, Anda akan melihat tombol media konvensional saat membuka iTune, lalu berganti dengan opsi fungsi format dan bahkan auto-correct serta saran kata otomatis saat menjalankan Pages. Dan saat bermain RPG, Anda akan menemuukan tombol untuk mengakses inventori atau kemampuan khusus dalam game. 

Selain Touch Bar, notebook MacBook Pro baru juga menyertakan sensor Touch ID. Ketersediaan TouchID memudahkan pengguna melakukan log in, tapi lebih penting lagi, memfasilitasi penggunaan Apple Pay untuk pembelian online. Fungsi Apple Pay telah tersedia sejak macOS Sierra.

Selain Touch Bar dan TouchID, MacBook Pro baru juga mengusung trackpad Force Touch yang berukuran dua kali lebih besar, speaker yang diperbarui, dan keyboard dengan mekanisme kupu-kupu generasi kedua.

Bagian layar juga telah ditingkatkan. Layar kini 67% lebih terang, menampilkan 25% lebih banyak warna dibandingkan dengan gamut warna sRGB, dan menyajikan rasio kontras lebih tinggi 67%. Kedua MacBook Pro baru akan tersedia dalam dua varian warna yakni Silver dan Space Gray.

MacBook Pro model 13 dan 15 inci juga mengusung spesifikasi hardware baru. Keduanya dilengkapi dengan prosesor Intel generasi keenam Skaylake. Untuk grafis, model 13 inci didukung oleh Intel Iris Graphics, sedangkan model 15 inci dibekali dengan grafis diskrit dalam bentuk GPU AMD Polaris mobile. Kedua MacBook Pro dibekali pula dengan SSD PCIe yang menawarkan kecepatan transfer hingga 3,1 GB/detik. Tersedia pula empat port Thunderbolt 3 yang menggunakan konektor USB Type-C. 

Seperti dugaan, notebook MacBook Pro kini lebih tipis dan ringan. MacBook Pro 13 inci kini memiliki ketebalan hanya 14,9 mm dan bobot sekitar 1,36 kg atau 3,1 mm lebih tipis dan 0,23 kg lebih ringan. Bezel disekitar layar juga telah dikurangi dan speaker dipindahkan ke bagian sisi keyboard. Hasilnya adalah MacBook Pro 13 inci memiliki volume lebih kecil 23% sehingga lebih portabel.

MacBook Pro 15 inci juga tak kalah portabel. Ketebalannya kini 15,5 mm dibandingkan dengan 18 mm pada model sebelumnya dan bobot hnaya 1,81 kg dibandingkan dengan 2.04 pada model sebelumnya. Secara keseluruhan, MacBook Pro 15 inci memiliki volume lebih kecil 20%.

Berikut video yang merangkum seluruh fitur baru notebook MacBook Pro 13 dan 15 inci.

Tentunya, Touch Bar akan meningkatkan biaya produksi dan pada akhirnya harga, sehingga Apple menawarkan pula MacBook Pro 13 inci dengan tombol fungsi tradisional. Model ini juga hanya menyediakan dua port Thundebolt 3. Untungnya, model ini tetap mempertahankan desain super slim seperti MacBook Pro. 

MacBook Pro telah tersedia untuk dipesan hari ini dan MacBook Pro 13 inci tanpa Touch Bar akan langsung dikapalkan. Notebook MacBook Pro 13 dan 15 inci dengan Touch Bar akan mulai dikapalkan dalam waktu 2 hingga 3 minggu. 

Tawaran banderol harga dimulai dari S$ 2188 (sekitar Rp. 20,5 juta-an) untuk MacBook Pro 13 inci dengan tombol fungsi, S$ 2588 (Rp. 24,2 juta-an) untuk MacBook Pro 13 inci dengan Touch Bar, dan S$ 3388 (Rp. 31,7 juta-an) untuk MacBook Pro 15 inci. 

Berikut seluruh konfigurasi MacBook Pro 13 inci di Apple Store Singapura. 

Berikut adalah konfigurasi MacBook Pro 15 inci di Apple Store Singapura.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir