Apple Watch Series 4 Selamatkan Nyawa Pria Asal Norwegia


Apple Watch Series 4 Selamatkan Nyawa Pria Asal Norwegia

Fitur pendeteksi jatuh di Apple Watch Series 4 dikabarkan telah menyelematkan nyawa penggunanya.

Situs asal Norwegi, NRK mengabarkan bahwa Toralv Østvang (67 tahun) ditemukan oleh petugas medis dalam keadaan “berdarah dan tidak sadarkan diri” di lantai kamar mandinya. Apple Watch Series 4 yang dikenakannya mendeteksi saat ia jatuh dan secara otomatis memberitahu personel medis. Putri pria tersebut menjelaskan:

“Keadannya bisa saja lebih parah. Kami selalu bertanya-tanya, ‘Apa yang terjadi jika ia tidak mengenakan smart watch itu?’ Ia tidak membawa smartphone-nya ke kamar mandi. Sungguh menakjubkan ia mendapatkan pertolongan begitu cepat, hingga polisi menemukannya. Ia terjatuh dengan keras, bisa jadi smart watch itu menyelamatkan nyawanya.”

Ini bukan pertama kalinya Apple Watch Series 4 dikabarkan menyelamatkan seseorang yang terjatuh. Di Oktober 2018, Apple Watch Series 4 menyelamatkan nyawa seorang pengguna asal Swedia setelah tiba-tiba mengalami cedera otot punggung dan terjatuh ke lantai.

Apple Watch Series 4 menggunakan sensor akselerometer dan gyroscope baru untuk mendeteksi jika pengguna terjatuh. Jika pengguna tidak responsif setelah 60 detik, Apple Watch Series 4 secara otomatis melakukan panggilan darurat dan mengirim pesan berisi informasi lokasi pengguna kepada kontak darurat yang telah ditetapkan sebelumnya.

Fitur pendetaksi jatuh diaktifkan secara default bagi pengguna berusia 65 tahun ke atas. Jika ingin mengaktifkannya secara manual, akses Apple Watch app > Emergency SOS > Enable Fall Detection.

Selain fitur pendeteksi jatuh, Apple Watch Series 4 menyediakan aplikasi ECG yang memberitahu pengguna jika mendeteksi irama detak jantung yang tidak normal. Fitur tersebut juga dikabarkan telah menyelamatkan nyawa dua pengguna.

Sumber: NRK via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir