Apple Watch Series 4 Usung Layar Lebih Besar, Prosesor Lebih Kencang, Fitur ECG


Apple Watch Series 4 Usung Layar Lebih Besar, Prosesor Lebih Kencang, Fitur ECG

Apple telah mengumumkan smartwatch terbarunya. Disebut sebagai Apple Watch Series 4, smartwatch terbaru Apple tersebut hadir dengan case lebih lebar tapi juga sekaligus lebih tipis dari pendahulunya. Di sisi volume, Apple Watch Series 4 lebih ringkas daripada pendahulunya.

Desain secara umum tidak berubah. Case dan layar tetap berbentuk persegi, tapi Apple Watch Series 4 hadir dalam ukuran case 44 mm dan 40 mm – lebih besar daripada 42 mm dan 38 mm pada pendahulunya. Meski mengusung ukuran case lebih besar, Apple Watch Series 4 100% kompatibel dengan tali jam yang ada.

Case lebih lebar memungkinkan ukuran layar lebih besar pula. Layar baru tersebut melengkung hingga pinggiran case, sehingga ukurannya lebih besar secara signifikan daripada pendahulunya. Menurut Apple, layar baru tersebut sekitar 30% lebih besar.

Memanfaatkan ukuran layar lebih besar, Apple memperkenalkan beberapa perwajahan jam baru. Bagi para penggemar komplikasi, Apple menawarkan perwajahan jam baru yang menampilkan hingga 8 komplikasi secara simultan. Tersedia pula perwajahan jam baru bernama Breathe yang membantu pengguna menarik nafas agar tetap tenang. Terakhir, tersedia pula beragam perwajahan jam bergerak baru – Vapor, Liquid Metal, Fire, Water – yang bereaksi terhadap pinggiran melengkung case.

Ada banyak peningkatan lainnya pada Apple Watch Series 4. Misalnya, Digital Crown telah diperbarui dan kini menyediakan umpan balik haptic untuk pengalaman penggunaan yang tactile dan tepat. Speaker telah ditingkatkan hingga 50% lebih kencang sehingga pengguna bisa mendengar respon Siri dengan lebih jelas. Bagian belakang case Apple Watch Series 4 dibuat menggunakan material keramik dan kristal safir yang sangat kuat dan tahan goresan serta tidak menghalangi gelombang radio untuk peningkatan performa koneksi seluler.

Di dalam, Apple Watch Series 4 dilengkapi dengan prosesor S4 baru. Prosesor S4 berisi prosesor dual-core 64-bit dan GPU yang dua kali lipat lebih cepat daripada pendahulunya.

Bersama prosesor baru adalah jajaran sensor baru yang telah ditingkatkan. Sensor akselerometer dan gyroscope yang bisa mengukur rentang gaya gravitasi lebih lebar dan lebih banyak merekam sampel data. Itu memungkinkan Apple Watch Series 4 menjalankan banyak fungsi pintar seperti mendeteksi jika pengguna terjatuh dengan keras. Sekilas memang terdengar sederhana, tapi terjatuh dengan keras merupakan masalah serius terutama bagi manula. Saat mendeteksi pengguna terjatuh, Apple Watch Series 4 mengirimkan peringatan yang bisa diabaikan atau digunakan untuk menghubungi layanan darurat. Jika Apple Watch Series 4 mendeteksi pengguna tidak responsif selama 60 detik setelah notifikasi, ia secara otomatis akan menghubungi layanan darurat dan mengirimkan pesan lengkap dengan lokasi pengguna.

Fitur baru terbesar Apple Watch Series 4 bisa jadi adalah kemampuan mengambil electrocardiogram (ECG) di manapun dan kapanpun. Apple Watch Series 4 melakukannya menggunakan elektroda yang tertanam di dalam Digital Crown dan bagian belakang case. Bersama dengan aplikasi ECG, Apple Watch Series 4 bisa memberikan klasifikasi ritme jantung hanya dalam waktu 30 detik. Hasilnya akan disimpan di dalam aplikasi Health sebagai laporan PDF sehingga bisa dibagikan dengan mudah kepada dokter dan spesialis jantung.

Meski mengusung segala peningkatan di atas dan ukuran case lebih kecil, daya tahan baterai tetap tidak berubah dengan klaim mencapai 18 jam.

Apple Watch Series 4 akan dikapalkan dengan sistem operasi baru watchOS 5 yang diumumkan di WWDC 2018. Sistem operasi watchOS 5 juga akan tersedia sebagai pembaruan gratis untuk Apple Watch model lawas pada 17 September.

Apple Watch Series 4 akan tersedia dalam model GPS dan GPS + Seluler. Apple Watch Series 4 ditawarkan dengan banderol mulai US$399 (~Rp. 5,9 juta-an) untuk model GPS dan mulai US$499 (~Rp. 7,4 juta-an) untuk model GPS + Seluler.

Apple Watch Series 4 tersedia dalam tiga varian aluminium – silver, gold, space grey dan tiga varian stainless steel – silver, space black, dan gold. Akan tersedia pula model Apple Watch Nike+ dan Herm├Ęs.

Pre-order dibuka dimulai pada 14 September dengan ketersediaan pada 21 September 2018.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir