Beberapa Game Dari Google Play Store Infeksi Perangkat Dengan Malware


Beberapa Game Dari Google Play Store Infeksi Perangkat Dengan Malware

Lebih dari setengah juta pengguna telah menginstal malware Android setelah mengunduh game balap dari Google Play Store.

Lukas Stefanko, seorang peniliti sekuriti di ESET, menyampaikan 13 aplikasi gaming, seluruhnya dibuat oleh pengembang yang sama dan tersedia diunduh dari Google Play. Dua aplikasi bahkan bisa dibilang populer di Google Play Store. Jika dikombinasikan, ada lebih dari 560.000 instalasi sebelum Google menghapusnya dari Play Store.

Setelah salah satu aplikasi tersebut diinstal maka aplikasi “game” tersebut akan crash, tapi sebenarnya aplikasi tersebut sedang mengunduh malware ke dalam smartphone.

Setelah terinstal, malware kemudian menampilkan iklan kepada pengguna setiap kali layar menyala. Malware tersebut juga sulit dihapus karena ikon game itu sendiri tersembunyi, lalu kemudian malware berjalan di background setiap kali smartphone Android atau tablet dinyalakan.

Jika telah mengunduh salah satu aplikasi tersebut, Anda harus segera menjalankan aplikasi antivirus untuk mencoba menghapusnya. Menurut VirusTotal, saat ini ada 9 pemindai malware yang mampu mendeteksi APK jahat tersebut dan seharusnya mampu mengkarantina atau menghapusnya, yakni: AegisLab, Cyren, ESET-NOD32, Fortinet, Kaspersky, McAfee, McAfee-GW-Edition, Symantec Mobile Insight, dan ZoneAlarm.

Sumber: Lukas Stefanko (twitter)

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir