Begini Cara Kerja Chip Keamanan Titan M di Google Pixel 3


Begini Cara Kerja Chip Keamanan Titan M di Google Pixel 3

Google mengatakan Pixel 3 merupakan smartphone paling aman, berkat chip keamanan kustom Titan M. Tapi bagaimana chip tersebut membuat smartphone Anda lebih aman? Google kini mem-posting penjelasan seputar pertanyaan tersebut. Secara sederhana, chip tersebut mengambankan informasi sensitif dan mengawasi segala sesuatu yang terjadi di smartphone sehingga membatu melindungi Anda dari aktivitas mencurigakan.

Pertama, chip Titan M terintegrasi ke dalam Verified Boot, prosesor boot aman milik Android. Bootloader merupakan sebuah program yang memvalidasi dan menjalankan Android saat smartphone dinyalakan. Titan M membantu memastikan bahwa Anda menjalankan versi Android yang benar. Ia menyimpan Android versi aman yang terkahir diketahui dan mencegah aktivitas jahat mengembalikan Android ke versi lawas yang berpotensi memiliki kerentanan. Selain itu, ia mencegah peretas masuk ke Android dengan membuka bootloader.

Di luar itu, Titam M memverifikasi kata sandi lock screen Anda. Dengan demikian, semakin sulit bagi serangan brute force untuk menebak password dengan membatasi jumlah upaya log-in. Password Anda perlu diverifikasi sebelum Titan M mengijinkan dekripsi.

Selain itu, chip tersebut memiliki flash aman tersendiri dan berjalan secara independen, sehingga kian sulit bagi para peretas untuk melakukan peretasan.

Meski demikian, Titan M tidak hanya melindungi Android. Ia juga bisa mengamankan aplikasi pihak ketiga dan transaksi sensitif. Android Pie memungkinkan aplikasi memanfaatkan API Google StrongBox KeyStore untuk membuat dan menyimpan private key di dalam Titan M, sesuatu yang sedang diuji oleh tim Google Pay untuk mengamankan transaksi.

Beberapa aplikasi juga mensyaratkan interaksi pengguna untuk mengonfirmasi sebuah transaksi. Pada kasus seperti itu, Titan M mengaktifkan Android 9 Protected Confirmation, sebuah API yang membantu memastikan bahwa otorisasi transaksi benar-benar dilakukan oleh Anda. Itu berguna pada transfer uang peer-to-peer.

Terakhir, Titan M dibuat dengan anti serangan dari dalam yang berarti firmware tidak akan diperbarui kecuali Anda memasukkan passcode. Dengan kata lain, seorang peretas tidak bisa melewati lockscreen untuk memperbarui firmware ke versi berbahaya.

Sumber: Google

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir