Begini Cara Kerja Game Mode Yang Bakal Hadir Di Windows 10


Begini Cara Kerja Game Mode Yang Bakal Hadir Di Windows 10

Microsoft siap membuat gaming di komputer Windows kembali memikat. ‘Game Mode’, sebuah fitur yang pertama kali terkuak di Desember tahun lalu dan secara resmi konsepnya diumumkan di Windows 10 preview build dua minggu lalu kini bakal siap diuji para penguji

Menjadi fitur baru yang tergolong besar dalam versi uji Windows 10 yang bakal hadir minggu ini, Game Mode, secara singkat, merupakan cara mengoptimalkan komputer Windows 10 PC untuk peningkatan performa dalam gaming. Terdapat dua cara menjalankan Game Mode: menjalankan game dan klik opsi Game Mode di Game Bar (tekan tombol Windows + G); atau menjalankan mode tersebut secara otomatis jika game berada dalam “daftar yang dizinkan”. Microsoft telah menentukan daftar game, tapi Anda bisa menambahkan game secara manual ke dalamnya. 

Anda tentunya bertanya apakah Game Mode bisa mendukung game Win32 seperti dari Steam dan Origin. Kami berbincang dengan Kevin Gammill, insinyur senior di tim Gaming for Windows 10 dan jawabannya adalah iya: Game Mode mendukung game Win32 dan UWP. 

Sebelumnya, beredar sejumlah spekulasi tentang cara kerja Game Mode di balik layar saat mengoptimalkan performa gaming. Untuk implementasi pertama ini, kami diberitahu bahwa tim Gaming for Windows 10 fokus pada pengalaman lebih konsisten selama sesi game – untuk meminimalkan “puncak dan bukit” yang dialami banyak gamer (framerate lancar di satu saat, lalu melambat di saat berikutnya).

Untuk mendapatkan keseimbangan pengalaman, salah satu yang dilakukan Game Play adalah sebisa mungkin mencegah konflik thread CPU. Dengan demikian, Anda tidak menghadapi situasi di mana sebuah software (misalnyan layanan backup cloud sedang meng-upload file di background) yang menggunakan 50% thread tapi menyita seluruh sumber daya komputasi inti CPU. Dengan kata lain: game menjadi prioritas saat berjalan di depan (foreground) dan dalam fokus. Hal serupa berlaku pula untuk sumber daya GPU.

Tapi jangan berharap Game Mode menjadi peluru ajaib bagi performa gaming Anda: fitur ini tidak akan membuat kartu grafis GeForce GTX 980 setara dengan GTX 1080. Disampaikan pula bahwa peningkatan performa kemungkinan lebih tinggi di game UWP daripada game Win32 yang disebabkan oleh titik masuk/keluar paket UWP dan variabel lainnya yang lebih mudah ditentukan.

Ke depannya, Microsoft akan memberikan pengguna kendali lebih lengkap sehigga bisa mengatur alokasi sumber daya komputasi sesuai kebutuhan, tapi belum ada informasi kapan fitur tersebut tersedia. Microsoft juga bekerjasama dengan Intel, NVIDIA, dan AMD untuk mencari cara membuat Game Mode lebih bertenaga. Kami menanyakan apakah dukungan Game Mode akan menjadi persyaratan untuk membuat game PC dan disebutkan bukan itu niat awalnya: Game Mode merupakan independen dalam hal platform dan fitur sistem operasi yang didesain untuk berjalan di semua game.

Game Mode dan fitur gaming baru lainnya seperti live streaming Beam dan bagian Gaming dalam System Settings akan menjadi bagian dari fitur baru di Windows 10 Creators Update mendatang yang akan dirilis publik di April. Penguji terpilih dalam Xbox Insider Program juga akan mendapatkan streaming Beam, peningkatan gaming baru Cortana, dan Screen time parental control dalam versi Creators Update mendatang untuk konsol.

Sumber: MicrosoftXbox Wire.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir