Benarkah Google Android Ungguli Apple Soal Inovasi?


Benarkah Google Android Ungguli Apple Soal Inovasi?

Menurut Business Insider, para analis telah sampai pada kesimpulan tentang bagaimana Android kini memiliki pangsa pasar smartphone yang lumayan besar ketimbang produk Apple. Agaknya harga jual rendah dan beragam inovasi yang tertanam di dalamnya menjadi dua faktor terbesar yang membantu Google Android meraih pangsa pasar smartphone global sebesar 72% (data Gartner).

"Siklus inovasi di Android lebih cepat ketimbang Apple." ungkap Vice President Mobil Computing Gartner, Ken Dulaney. " Mereka hanya berusaha lebih keras; Apple jauh tertinggal dalam aspek tersebut."

Selain kehilangan sebagian pangsa pasar smartphone, pangsa pasar tablet Apple juga tergerus oleh tablet Android seperti Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire, yang mengusung versi Android penuh modifikasi.

"Memiliki banyak orang yang mengembangkan banyak produk pada beragam harga dengan beberapa merek di beberapa tempat membuat perbedaan besar," papar analis NPD Group Stephen Baker. "Variasi adalah faktor kunci dalam perangkat mobile."

Namun para analis juga menggarisbawahi bahwa Samsung (saat ini) adalah pihak yang paling diuntungkan dari kesuksesan Android dengan lusinan pabrikan smartphone Android lainnya (khususnya HTC) berjuang menghasilkan keuntungan dalam lingkungan yang begitu kompetitif.

Irama Android yang cepat juga memiliki kelemahan: fragmentasi. Ini adalah akibat langsung sifat Android yang terbuka dan gratis. Sementara Apple memberikan update secara teratur dan serempak, update Android seringkali ditahan oleh penyedia layanan seluler mau pun pembuat smartphone.

Analis juga menegaskan bahwa aspek negatif Android tak akan cukup untuk menghambat perkembangan Android. Itu karena mereka pikir Google berhasil memutakhirkan "ekosistem"-nya yang memungkinkan Android hadir di perangkat "bodoh" seperti perabotan rumah tangga dan karenany memperluas jangkauannya.

Sumber: Business Insider.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir