Facebook dan Microsoft Bergabung Bentangkan Kabel Internet Lintasi Atlantik


Facebook dan Microsoft Bergabung Bentangkan Kabel Internet Lintasi Atlantik

 

Facebook dan Microsoft mengumumkan kerjasama untuk membentangkan kabel bawah laut sepanjang 6.600 km melintasi samudera Atlantik. Kabel tersebut didesain memiliki kapasitas 160 Tbps. Ujung kabel dimulai dari Amerika Serikat dan berakhir di Eropa bagian selatan (Spanyol).

Kabel bawah laut bernama MAREA (berarti "ombak" dalam bahasa Spanyol) ini bertujuan untuk menghadirkan koneksi lebih kuat kepada layanan cloud Microsoft seperti yang diungkapkan raksasa software tersebut dalam blog resminya. Saat Microsoft berbicara layanan cloud, maksud mereka adalah layanan seperti Office 365, Skype, dan Xbox Live. MAREA akan memiliki estimasi kapasitas 160 Tbps dengan delapan pasang serta optik untuk transmisi data.

Meskipun membentang dari Virginia, A.S. hingga Bilbao, Spanyol, kabel bawah laut tersebut menghubungkan pula pusat jaringan di wilayah lainnya di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan tentu saja, Asia. Rute kabel ini secara fisik terpisah dari sistem kabel transatlantik yang sudah ada dan menambah jalur konektivitas lain. Dengan demikian, ada kelebihan di dalam jaringan yang meningkatkan ketahanan jaringan saat terjadi masalah.

Tentu saja, ini bukan kabel bawah laut pertama yang diumumkan di 2016 - ada SEA-ME-WE 5 yang di awali dari Singapura dan membentang sepanjang 20.000 km melewati beragam benua. Jika SEA-ME-WE 5 diperkirakan selesai pada November 2016, kabel MAREA hasil kerjasama Facebook dan Microsoft akan selesai pada Oktober 2017.

Sumber: Microsoft, The Verge

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir