Facebook Luncurkan Rooms, Aplikasi Baru Untuk Terhubung dengan Komunitas


Facebook Luncurkan Rooms, Aplikasi Baru Untuk Terhubung dengan Komunitas

 

Facebook baru saja meluncurkan aplikasi baru bernama Rooms.

Aplikasi Facebook Rooms sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan message board dan forum. Rooms memungkinkan Anda membuat “ruangan/kamar” yang sebenarnya adalah message board di mana Anda dan pengguna lain dengan kesenangan atau kepentingan yang sama bisa mem-posting dan berbagi foto, teks, video dan sebagainya.

Rooms bahkan memiliki cara kerja seperti forum dan message board. Misalnya, moderator bisa ditentukan, posting-an bisa dilekatkan dibagian teratas, pengguna bisa dibatasi berdasarkan usia, dst. Oleh karena Rooms diciptakan oleh Facebook, tersedia pula tombol “Like”, tapi kreator Rooms bisa mengubah “Like” dengan kata yang lain.

Meski demikian, Rooms memiliki persyaratan lain. Misalnya, Rooms mensyaratkan pengguna untuk membuat username baru untuk tiap kali bergabung ke Room. Pengguna juga tidak bisa langsung bergabung ke Rooms karena harus melalui proses undangan.

Menurut sang kreator, Josh Miller, yang turut mengembangkan Branch, sebuah situs diskusi di web, yang kemudian dibeli Facebook setahun lalu, Rooms merupakan aplikasi yang berdiri sendiri dan berjalan di luar Facebook. Dan berbeda dari aplikasi pesaing seperti Reddit, Rooms dibuat untuk memudahkan bagi pengguna untuk membuat konten, bukan semata mengonsumsinya.

Rooms kini tersedia secara grafis dari App Store. Tapi sayangnya, Anda mesti memiliki akun A.S. untuk bisa mendownloadnya.

Sumber: The Verge, Rooms Blog

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir