Fitur Night Sight Kini Telah Tersedia di Smartphone Google Pixel


Fitur Night Sight Kini Telah Tersedia di Smartphone Google Pixel

Google akhirnya menghadirkan fitur Night Sight untuk smartphone Pixel, termasuk Pixel 2 dan Pixel 2016. Pertama kali diumumkan bersama smartphone Pixel 3 di acara peluncuran bulan lalu di New York, Night Sight adalah mode khusus malam yang mendongkrak kualitas gambar menggunakan kemampuan komputasi fotografi milik Google.

Singkatnya, fitur Night Sight pada dasarnya adalah peningkatan fotografi malam atau kondisi cahaya remang. Google menyatakan fitur tersebut bertujua meningkatkan hasil pemotretan dengan tingkat intensitas cahaya antar 3 hingga 0,3 lux atau setara dengan lampu trotoar dan ruangan gelap. Fitur tersebut mampu melakukannya dengan satu kamera smartphone Pixel dan tanpa flash LED.  

Night Sight menggunakan positive-shutter-lag atau PSL yang menunggu hingga Anda menekan tombol shutter sebelum mulai menangkap gambar. Cara tersebut berbeda dengan model pengambilan gambar standar pada smartphone Pixel yang menggunakan protokol zero-shutter-lag (ZSL) dan mulai mengambil gambar setelah aplikasi kamera dibuka. PSL mensyaratkan Anda memegang smartphone dengan stabil secara singkat setelah mengetuk tombol shutter, tapi memungkinkan durasi eksposur lebih panjang sehingga meningkatkan rasio single-to-noise pada tingkatan kecerahan jauh lebih rendah.

Meski demikian, waktu eksposur lebih panjang bisa mengakibatkan gambar buram karena goyangan smartphone. Selain stabilisasi gambar optikal pada Pixel 2 dan Pixel 3, Google menggunakan fungsi berjuluk motion metering yang memantau gerakan atau goyangan smartphone, gerakan obyek gambar, dan jumlah cahaya yang tersedia untuk memutuskan waktu eksposur yang tepat guna meminimalkan gambar buram. Itu berarti bahwa jika smartphone telah distabilkan menggunakan tripod, durasi eksposur setiap gambar bisa diperpanjang hingga satu detik.

Pada akhirnya, jumlah foto dan durasi eksposur tergantung pada model Pixel, seberapa besar getaran tangan, gerakan obyek gambar, dan tingkat pencahayaan.

Google kemudian menyatukan gambar yang ditangkap untuk mengurangi noise gambar lebih jauh. Semua itu terjadi dalam hitungan detik di dalam smartphone. Pada pengujian awal yang kami lakukan, Night Sight mampu menjalankan tugasnya dengan baik, bahkan melebihi harapan. Fitur Night Sight bahkan mampu mengubah foto yang sebelumnya diliputi oleh kegelapan menjadi foto yang memadai.

Night Sight akan hadir dalam beberapa hari ke depan melalui pembaruan aplikasi Google Camera.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir