Fujifilm Umumkan X-T3 Dengan Sensor X-Trans Generasi ke-4


Fujifilm Umumkan X-T3 Dengan Sensor X-Trans Generasi ke-4

Setelah dirumorkan selama berminggu-minggu, Fujifilm akhirnya secara resmi mengumumkan X-T3.

Fujifilm X-T3 dilengkapi dengan sensor X-Trans CMOS 4 26 MP yang dibuat dengan desain back-illuminated yang memungkinkan penurunan ISO 160 (sebelumnya ISO 200) meskipun hadir dengan resolusi lebih tinggi. Otofokus di kondisi cahaya remang telah ditingkatkan ke -3 EV dan X-T3 juga juga medapatkan mesin pemrosesan gambar baru X Processor 4, yang berisi 4 unit CPU untuk tiga kali peningkatan kecepatan dibandingkan dengan X-T2 dan X-H1.

Peningkatan performa pemrosesan juga meningkatkan kemampuan pemotretan kontinyu sehingga Anda bisa mendapatkan kecepatan 30 FPS menggunakan shutter elektronik dan mencapai 11 FPS menggunakan shutter mekanis. Kecepatan AF maksimum, refresh rate EVF, dan interval pemotretan telah ditingkatkan yang setara dengan mode Boot pada X-T2 dengan grip booster vertikal. Tapi Anda tidak memerlukan grip vertikal untuk menikmati mode Boost pada X-T3.

Prosesor baru juga memungkinkan Anda menambahkan pengaturan monokrom baru pada model simulasi film sehingga bisa mendapatkan hasil berbeda pada cetak foto hitam-putih tanpa perlu membeli kertas foto berbeda. Efek warna chrome dari GFX50S juga tersedia pada X-T3, memungkinkan warna dan gradasi lebih dalam pada foto.

Otofokus juga ditingkatkan berkat sensor X-Trans CMOS 4 dengan phase detect 2,16 MP yang menyediakan sekitar 100% cakupan di seluruh sensor. Batas otofokus phase detect pada kondisi cahaya remang telah diperpanjang dua stop dari -1 EV menjadi -3 EV, kecepatan pemrosesan X-Processor 4 membuat X-T3 mampu melakukan fokus dan pengukuran ulang sebanyak 1,5 kali lebih banyak daripada model saat ini sehingga mampu melakukan tracking lebih baik dan otofokus lebih akurat.

Kini ada mode baru Sports Finder yang menangkap area sekitar 16,6 MP (crop 1,25x). Hal tersebut ditandai pada viewfinder/LCD, tapi Anda tetap bisa melihat seluruh layar untuk membantu melacak obyek gambar. Pada mode tersebut, Anda bisa melakukan pemotretan kontinyu 30 FPS menggunakan shutter elektronik sehingga cocok untuk fotografi olah raga dan satwa. Tersedia pula fungsi Pre-shoot yang mirip seperti kamera RX series milik Sony. Kamera mulai memotret begitu tombol shutter ditekan setengah dan menghentikan pemotretan saat tombol shutter ditekan penuh. Dengan demikian, Anda mendapatkan peluang lebih baik menangkap momen yang tepat.

Seperti yang bisa Anda saksikan pada video di bawah, eye-detection AF juga telah ditingkatkan. Fitur tersebut kini mendukung model AF-C dan tetap fokus saat melacak obyek gambar baik saat wajah menghadap kamera maupun ke samping yang sebelumnya sulit dilakukan oleh pendahulunya. Terutama bagi pengguna yang tertarik untuk merekam video, eye-detection AF kini tersedia saat perekaman video. Kini tersedia jack headphone pada bodi sehingga Anda bisa menghubungkan microphone atau headphone untuk perekaman/monitoring audio.

X-T3 disebutkan sebagai kamera digital mirrorless APS-C pertama yang mampu merekam 4K/60p 4:2:0 10-bit secara internal ke kartu SD. Dukungan format termasuk H.264/MPEG-4 AVC serta H.265/HEVC untuk kompresi data lebih besar. Format H.265/HEVC memungkinkan kamera merekam dengan bitrate 200 Mbps sembari merekam 4K/60p 4:2:0 10-bit dengan output HDMI simultan. Opsi kompresi video kini meliputi ALL-Intra (tersedia pada 4K/29,97P, 25P, 24P, 23,98P, dan FHD/59,94P, 50O, 29,97P, 25P, 24P, 23,98P saat H.265/HEVC dipilih. Tidak kompatibel dengan H.264.) dan Long GOP.

Fungsi baru noise reduction interframe 4K disebutkan mampu mengurangi noise hingga sekitar dua stop, memperpanjang sensitivitas maksimum saat perekaman F-Log dan gambar DR400% dari ISO 800 hingga ISO 640. Pembaruan firmware di akhir tahun juga telah direncanakan, menambahkan kemampuan perekaman Hybrid Log Gamma pada kamera. Kemampuan output video Film Simulation dan F-log juga akan ditambahkan pada pembaruan tersebut.

Saat ini harga untuk kamera baru ini belum diumumkan, termasuk ketersediaannya di tanah air.

 

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir