Google Hentikan Layanan Google Apps Versi Gratis


Google Hentikan Layanan Google Apps Versi Gratis

Google baru saja mengumumkan bahwa mereka tak lagi menerima pendaftaran Google Apps versi gratis (kadang disebut sebagai versi Standar). Bagi mereka yang tak sadar, Google Apps sebenarnya adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengkustomisasi sejumlah produk Google (seperti Gmail, Google Calendar, Google Contacts, Google Groups, dan Google Analytics) di bawah nama domain kustom. Versi gratisnya tergolong super populer di kalangan UKM, sekolah, dan individual. Ia mendukung hingga 10 akun dan inbox email berukuran 10 GB per akun. Untungnya, jika Anda sudah menggunakannya,pengumuman hari ini tak akan berpengaruh pada Anda.

Selain versi gratisnya, tersedia juga Google Apps versi Bisnis (harganya bisa dilihat di sini), Nonprofit, Pendidikan, dan Pemerintah. Untuk akun Nonprofit dan Pendidikan yang sudah ada, mereka bisa terus menggunakan layanannya secara gratis. Namun karena penghapusan versi gratis, proses pendaftaran Nonprofit dan Pendidikan telah berubah (Anda bisa membacanya di sini dan di sini). Dan bagi mereka yang telah meng-upgrade ke versi bisnisnya setelah 6 Desember 2012 dan ingin melakukan downgrade ke versi gratis, Anda punya waktu hingga 9 Januari 2013

Singkat kata, mulai hari ini, hanya akan ada Google Apps for Business dan perusahaan segala ukuran harus mendaftar untuk versi ini. Fitur untuk versi bisnis termasuk dukungan telepon 24/7 untuk kendala apa pun, kotak surat masuk 25 GB dan 99,9% waktu uptime tanpa jadwal downtime". Harganya masih sama yaitu 50 dolar AS per tahun.

Bagi individual yang ingin menggunakan Gmail dan Google Drive, Google menyarankan membuat akun Google pribadi gratis.

Sumber: Google Enterprise Blog, Google Apps FAQ.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir