Google Ingin Buat Prosesor untuk Server Mereka


Google Ingin Buat Prosesor untuk Server Mereka

 

Google dikabarkan sedang mempertimbangkan kemungkinan bekerjasama dengan ARM Holdings untuk mendesain prosesesor server mereka sendiri. ARM saat ini merajai sektor mobile di mana teknologinya digunakan banyak smartphone seperti Apple iPhone 5 dan Samsung S4.

Google berharap dengan mengembangkan prosesor sendiri, mereka bisa mengelola interaksi antara software dan hardware secara lebih baik. Goolge sudah mendesain data center mereka sendiri di seluruh dunia. Data center tersebut bertanggungjawab menggerakkan inti bisnis mereka seperti pencarian, email dan video.

Jika langkah ini terwujud maka akan menjadi hantaman keras bagi Intel. Google dikabarkan menjadi pelanggan terbesar kelima Intel dan menyumbang 4,3% pendapatan total Intel.

Google sebelumnya telah bergabung dengan sebuah kelompok yang diprakarsai oleh IBM yang melisensikan teknologi yang digunakan dalam data center. Selain itu, Google baru-baru ini juga memasang lamaran kerja untuk “digital design engineer” dengan persyaratan kemampuan ASIC.

Sumber: Bloomberg

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir