Google Umumkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL Berbanderol Mulai US$799


Google Umumkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL Berbanderol Mulai US$799

Di acara peluncuran #MadeByGoogle hari ini (9/10) waktu New York, A.S., Google secara resmi mengumumkan smartphone Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Jika sudah mengikuti kabar bocorannya, terutama rumor terbaru, maka rumor tersebut terbukti benar. Tapi jika Anda tetap disiplin menjauhi kabar rumor, berikut ringkasan spesifikasi Pixel 3 dan Pixel 3 XL:

Pixel 3

  • Layar OLED 5,5-inci, 2160 x 1080 piksel
  • Gorilla Glass 5
  • Qualcomm Snapdragon 845
  • Kamera belakang dual-pixel 12,2-MP, kamera depan 8MP lensa ganda
  • RAM 4 GB, media penyimpanan 64 atau 128 GB
  • Dua speaker stereo hadap depan
  • Baterai 2915 mAh + Qi wireless charging
  • Android 9.0 Pie
  • USB Type-C

Pixel 3 XL

  • Layar OLED 6,3-inci, 2960 x 1440-piksel denga notch
  • Qualcomm Snapdragon 845
  • Kamera belakang dual-pixel 12,2-MP, kamera depan 8 MP lensa ganda
  • RAM 4 GB, media penympanan 64 atau 128 GB
  • Speaker stereo ganda hadap depan
  • Baterai 3430 mAh + Qi wireless charging
  • Android 9.0 Pie
  • USB Type-C

Pixel 3 XL pada dasarnya adalah Pixel 3 dengan ukuran layar dan kapasitas baterai lebih besar. Berbeda dari Pixel 3 yang masih masih memiliki “jidat”, layar Pixel 3 XL membentang hingga bagian atas smartphone tapi ditusuk oleh notch berukuran besar. Kedua smartphone mengusung material kaca di belakang, tapi dengan sentuhan tekstur lembut. Dua speaker stereo yang menghadap depan juga telah ditingkatkan sehingga kini mampu bersuara 40% lebih kencang.

Fitur baru yang bisa dibilang besar tahun ini adalah dukungan Qi wireless charging di kedua smartphone Pixel 3. Google menjual wireless charging stand bernama Pixel Stand dengan harga US$79 yang memposisikan smartphone secara tegak saat terhubung ke docking sehingga pengguna tetap bisa melihat layar (jam, musik, album Google Photo, dan sebagainya), menggunakan Google Assistant, dan melakukan aksi pada smartphone. Pixel Stand menyediakan hingga kekuatan daya wireless charging hingga 10 Watt kepada Pixel 3 dan 3 XL. Pengguna juga bisa mendapatkan fast charging 18 Watt menggunakan charger USB dalam kotak kemasan.

Di sisi software, fitur paling menarik justru hadir dari departemen kamera. Tersedia fitur Top Shot yang menangkap serangkaia fotor sebelum dan sesudah pengguna menekan tombol shutter. Smartphone kemudian menggunakan machine learning untuk menentukan foto terbaik. Ia juga menangkap beberapa gambar untuk HDR+. Aplikasi kamera akan menampilkan notifikasi ‘Smart Capture availabel’ saat Top Shot tersedia.  

Ada pula fungsi Super Res Zoom dengan AI yang pada dasarnya pemotretan kontinyu untuk menciptakan gambar berkualitas lebih tinggi saat menggunakan zoom digital. Kemudian ada Night Sight untuk fotografi di bawah kondisi cahaya remang. Google menyatakan Night Sight menggunakan machine learning untuk mengatur warna dan eksposur. Fitur ini berjalan sangat baik sehingga pengguna tidak perlu menggunakan flash.

Seperti yang disinggung di atas, smartphone Pixel 3 mengusung kamera 8 MP sudut lebar dan telefoto. Google menyatakan Group Selfie Cam tersebut memungkinkan pengguna memasukkan “184% lebih banyak obyek gambar pada foto selfie” dibandingkan dengan kamera depan iPhone XS. Lalu ada mode baru, Photobooth, yang akan menggunakan machine learning untuk memutuskan momen terbaik memotret selfie.

Top Shot, Super Res Zoom, Night Sight, dan Group Selfie Cam memang menjadi tiga fitur utama Pixel, tapi bukan hanya itu yang baru. Penambahan serupa lainnya termasuk Playground (sebelumnya disebut AR Sticker) dan integrasi Google Lens ke dalam kamera. Google Lens memungkinkan pengguna mengarahkan kamera kepada obyek untuk menemukan gaya serupa di internet. Performa otofokus juga meningkat saat merekam video.

Google Pixel 3 akan mendapatkan fitur Duplex di A.S. bulan depan. Pixel 3 juga mampu memfilter panggilan telepon menggunakan AI. Fitur tersebut akan hadir di seluruh keluarga Pixel bulan depan. Terakhir, fitur Flip to Shhh secara otomatis akan mengaktifkan model Do Not Disturb saat membalikkan smartphone.

Tersedia dalam varian warna Clearly White, Just Black, dan Not Pink, Google Pixel 3 reguler ditawarkan dengan banderol US$799 (64 GB) dan US$899 (128 GB); sedangkan Pixel 3 XL ditawarkan dengan harga US$899 (64 GB) dan US$999 (128 GB). Pre-order dimulai hari ini. Google juga memberikan layanan YouTube Musik secara gratis selama 6 bulan . Foto dan video berkualitas orisinal yang diunggah ke Google Photos dari Pixel 3 bisa dilakukan tanpa biaya hingga 31 Januari 2022. 

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir