Huawei Bakal Umumkan Kacamata AR Dalam Dua Tahun Mendatang


Huawei Bakal Umumkan Kacamata AR Dalam Dua Tahun Mendatang

Seperti Facebook dan Apple, Huawei bakal menghadirkan kacamata augmented reality (AR) dalam dua tahun mendatang.

CEO Consumer Business Huawei, Richard Yum mengungkapkan di sebuah wawancara eksklusif dengan CNBC bahwa Huawei sedang mengembangkan kacamata AR yang akan menghadirkan tingkatan baru pengalaman AR bagi konsumen.

“Dengan AR ini, Anda bisa menggunakan kacamata AR dengan smartphone, mungkin Anda bisa menyaksikan area lebih besar,” kata Yu.

“Pada awalnya mungkin Anda merasa AR ... tidak berarti. Tapi di masa depan Anda akan menyaksikan nilai yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Untuk membantu konsumen memahami dan mengadopsi AR, Yu menyatakan bahwa Huawei akan menghadirkan lebih banyak pengalaman AR ke smartphone sebelum mengekspansinya ke kacamata AR. Ia juga meyakini bahwa industri akan mengkomersialkan kacamata AR dalam satu atau dua tahun dan Huawei “akan menghadirkan produk dengan pengalaman penggunaan lebih baik”.

Kertarikan terhadap AR kian meningkat di antara perusahaan teknologi. Apple beberapa tahun terakhir dikabarkan telah mengembangkan kacamata digital bersama dengan Carl Zeiss. Di Agustus 2017, Financial Times mengabarkan bahwa Apple mengabarkan prototipe AR berbeda yang menyematkan sepasang kacamata 3D dengan kamera 3D.

Sebelumnya tahun ini, CNET mengklaim bahwa Apple sedang mengembangkan headset wireless yang mampu mendukung teknologi AR dan VR. Perangkat tersebut diperkirakan meluncur pada 2020. Apple juga mengakuisisi startup headset AR, Vrvana senilai US$30 juta di November tahun lalu dan Akonia Holographics di Agustus tahun ini.

Tim Building 8 besutan Facebook dirumorkan sedang menggarap empat proyek teknologi tinggi mulai dari AR dan kamera hingga upaya lebih ambisius seperti teknologi pemindai otak. Pimpinan tim tersebut, Regina Dugan, sebelumnya memimpin kelompik Advanced Technology & Projects milik Google.

Sumber: CNBC

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir