Intel Akan Hentikan Prosesor Itanium di 2021


Intel Akan Hentikan Prosesor Itanium di 2021

Intel akan menghentikan produksi prosesor Itanium setelah menghentikan Itanium 9700 series. Saat ini, hanya Hewlett Packard Enterprise (HPE) yang menawarkan server dengan prosesor Itanium di lini servier Integrity.

Prosesor Itanium lahir dari kolaborasi antara HP dan Intel sebagai upaya memperkenalkan arsitektur 64-bit di era ’90-an. Hal tersebut didorong oleh meningkatnya kompleksitas sistem informasi yang membutuhkan komputasi 64-bit. Oleh karena pengembangan arsitektur 64-bit pesaing, terutama set instruksi AMD64, yang merupakan versi 64-bit dari set instruksi x86, Intel terpaksa mengadopsi set instruksi pesaing tersebut dalam kesepakatan lintas lisensi dengan AMD.

Meski demikian, kompleksitas set instruksi 64-bit besutan Intel yakni AI-64, membuat para pengembang software lebih memilih platform AMD64 karena dianggap sebagai cara yang lebih logis dan hemat biaya untuk mengimplementasikan komputasi 64-bit untuk desktop PC dan server.

Menurut notifikasi perubahan produk yang dikeluarkan Intel untuk prosesor Itanium, seri 9700 saat ini akan tersedia hingga 29 Juli 2021 dengan tanggal pemesanan terakhir pada 30 Januari 2020. HP akan tetap menyediakan dukungan server Integrity yang menggunakan chip Intel Itanium hingga 2025. Meski demikian, tanggal tersebut belum terkonfirmasi karena bisa berubah setiap saat.

(Sumber: Computing, Intel (1)(2) HPE)

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir